RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Prakarya Rekayasa Pembuatan Sirene Tiga Suara
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata pelajaran : Prakarya
Kelas : IX Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 3 x
pertemuan (6 jam pelajaran)
Aspek : Rekayasa Pembuatan Sirene Tiga Suara
A.
Kompetensi Inti (KI) :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1. Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman
produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.1.
Menunjukkan motivasi
internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman
produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
2.2.
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya
dan menerapkan wirausaha
2.3.
Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong,
bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami
kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya
dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
3.3. Memahami proses produksi rekayasa
sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC di wilayah
setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber.
Indicator:
·
Menjelaskan produksi
dan proses produksi pembuatan alat penyimpan daya listrik (Power Bank)
· Menjelaskan Proses produksi produk rekayasa sebagai
alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC (teknik pemilihan
bahan, penyiapan bahan, teknik pemrosesan)
· Menetapkan desain proses produksi rekayasa
sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan prosedur berkarya (jenis,
manfaat, teknik rekayasa, dan pengemasan)
· Menjelaskan Langkah keselamatan kerja
4.2 Mendesain proses produksi karya rekayasa sebagai
alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan
identifikasi kebutuhan sumber daya, teknologi, dan prosedur berkarya dengan
pendekatan budaya setempat dan lainnya.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan cara pengemasan karya rekayasa sebagai
alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik dc (Charger dsb)
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
·
Membuat desain dan pengemasan produk karya rekayasa
sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik dc
· Melaporkan secara
lisan atau tulisan mengenai karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana
dengan sumber arus listrik dc
D.
Materi Pembelajaran
Materi
Reguler
·
Macam macam Produk penyimpan daya (Accu
basah/kering, Bateray dsb) yang berkembang saat ini
·
Pengemasan hasil produksi penyimpan daya
arus searah yang berkembang saat ini
·
Desain produksi karya rekayasa penyimpan
daya disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
·
Desain pengemasan karya rekayasa penyimpan
daya disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
Materi
Remidial
·
Menentukan desain produksi (aneka model
produk) dan pengemasan karya rekayasa penyimpan daya sebagai sumber daya alat
komunikasi sederhana
·
Penggunaan perangkat lunak dan keras untuk
desain dan pengemasan alat penyimpan daya sebagai sumber daya alat komunikasi
arus searah (gambar produk)
Materi
Pengayaan
· Langkah
kerja produksi dan desain alat penyimpan daya sebagai sumber daya alat
komunikasi arus searah (Menulis proses produksi yang akan dilakukan sesuai
jenis produk yang ditentukan)
· Percobaan
produksi dan desain kemasan alat penyimpan daya sebagai sumber daya alat
komunikasi arus searah (Menulis proses produksi yang akan dilakukan)
E.
Metode pembelajaran
·
Demonstrasi dan Eksperimen
·
Diskusi kelompok
·
Presentasi
·
Penugasan
F.
Alat/Media/Bahan
· Alat :
Seperangkat Komputer, jaringan internet, contoh-contoh gambar/brosur alat
komunikasi arus searah (Accu basah/kering, bateray dsb)
· Bahan
ajar : Buku elektronika dasar
yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan didapat dari Kliping Majalah
ataupun internet, atau sumber lain.
Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
Setelah menjelaskan semua indikator dan tujuan pembelajaran dan hasil
akhir dari pembelajaran ini, siswa mengikuti mencari informasi produk dan
pengemasan karya rekayasa penyimpan daya alat komunikasi arus searah, melihat
video atau gambar beberapa produk dan pengemasan karya rekayasa penyimpan daya
alat komunikasi arus searah, berdiskusi secara kelompok dan diskusi kelas.
1. Pertemuan Pertama : (2 JP)
Pendahuluan (10 Menit) :
·
Berdoa
·
Apersepsi(Guru bertanya : “Apakah siswa sudah pernah melihat proses
produksi perangkat elektronika/penyimpan daya ?)
·
Orientasi (Guru menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan proses
produksi dan kemasannya perangkat elektronika/penyimpan daya)
·
Motivasi (Memberi contoh tentang keuntungan hasil produksi)
·
Pemberian Acuan :
Garis besar tentang “Produksi Penyimpan
Daya”
Pembentukan kelompok diskusi
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (70 Menit) :
a. Mengamati
· Menyimak
dari beberapa sumber tentang langkah-langkah produksi penyimpan daya dan
pengemasannya
· Menyimak
berbagai fungsi rekayasa penyimpan daya arus searah
· Peserta
didik melakukan pengamatan vidio
tentang sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha
· Peserta
didik melakukan pengamatan vidio
tentang sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha alat
pengatur s sederhana dengan sumber arus listrik
b. Menanya
· Mendiskusikan
dengan teman sebangku mengenai contoh gambar/video dengan menjelaskan alat yang
diperlukan dan teknik yang digunakan
· Guru
memancing siswa agar bertanya
· Mendiskusikan
dengan teman sebangku mengenai berbagai fungsi dari karya penyimpan daya
· Peserta didik menanya dan memberi pendapat
sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha alat penyimpan daya sumber arus searah
· Peserta didik mendiskusikan sumberdaya
yang dibutuhkan dalam berwirausaha alat penyimpan daya arus searah.
c.
Mengumpulkan
data
· Peserta didik membaca
sumber referensi ( buku siswa ) mengenai wirausaha penyimpan
daya arus searah
· Peserta didik mengisi LK 1
· Peserta
didik menjelaskan hasil
diskusi tiap kelompok tentang
penyimpan daya arus searah dalam berwirausaha
d.
Mengasosiasi
·
Peserta didik merumuskan pengertian dan macam-macam sumberdaya
yang dibutuhkan dalam wirausaha alat penyimpan daya arus searah
· Peserta
didik dan guru menyamakan persepsi tentang bahan, alat dan proses kerja membuat
alat penyimpan daya arus searah
e. Mengkomunikasikan
·
Siswa melakukan presentasi hasil diskusi
kelompok
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru bersama siswa
melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b. Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c. Guru menanyakan
pengalaman apa yang didapat peserta didik pada
pembelajaran alatpenjernih
air dari bahan alam.
d. Sebagai kegiatan tindak
lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e. Guru menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
Pertemuan
Kedua : (2 JP)
1.
Kegiatan Pendahulan (10 menit)
a. Mengajak
berdoa sebelum mulai pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Memberi
contoh bahan untuk membuat penyimpan
daya arus searah
c. Tanya
jawab seputar bahan untuk membuat alat penyimpan daya arus searah
d. Menginformasikan
tujuan pembelajaran/kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2. Kegiatan Inti (70 menit)
a. Mengamati
b. Menanya
c. Mengumpulkan data
d. Mengasosiasi
e. Mengkomunkasikan
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a. Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah
berlangsung.
b. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang
dipelajari.
c. Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik
pada pembelajaran tentang
jenis-jenis penjernih air dari bahan alam.
d. Sebagai kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu
maupun kelompok
e. Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan yang akan datang.
G. Sumber Belajar
·
Contoh produk rekayasa alat penyimpan daya arus searah
·
Aneka bahan yang digunkaan
untuk pembuatan produk rekayasa alat penyimpan daya arus searah
·
Buku pelajaran, buku refensi
yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,
audio-visual, media maya
(internet)
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Penilaian
1. Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
1.
Sumberdaya yang dibutuhkan dalam
menjalakan wirausaha alat penyimpan daya arus searah
2.
Pengetahuan tentang bahan,
alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan rekayasa alat
penyimpan daya arus searah
Aspek yang dinilai:
a.
Apresiasi 20%
b.
Keruntutan berpikir 20%
c.
Pilihan kata 20%
d.
Kreativitas bentuk laporan 20%
e.
Perilaku 20%
2. Penilaian Pengamatan, tentang:
1.
Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan rekayasa
alat penyimpan daya arus searah yang ada di lingkungan wilayah setempat
3.
Mengevaluasi/menguji hasil karya rekayasa alat penyimpan daya arus searah
2.
Aspek yang dinilai:
a.
Kerincian 20%
b.
Ketepatan pengetahuan 20%
c.
Pilihan kata 20%
d.
Keativitas bentuk laporan 20%
e.
Perilaku 20%
3. Penilaian Pengayaan
Pembuatan Karya, tentang:
1.Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk
kegiatan pembuatan karya rekayasa alat penyimpan
daya arus searah
2. Pembuatan produk dan
penyajian rekayasa penyimpan daya arus searah dengan cara/teknik dan
prosedur yang tepat
a. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang
belum mencapai KKM diberikan
kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial misalnya:
1) Pembelajaran ulang
2) Bimbingan perorangan
3) Pemanfaatan tutor sebaya, dll.
i.Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah mencapai KKM diberikan
kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa projek (merencanakan, membuat produk dan
laporan) pembuatan satu macam makanan kudapan dari bahan pangan serealia dan
umbi yang berasal dari daerah setempat.
4.
Laporan portofolio dalam berbagai bentuk
seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk rekayasa
alat penyimpan daya arus searah yang dibuatnya
. Aspek yang dinilai:
a.
Proses pembuatan 50%
-
Ide gagasan
-
Kreativitas
-
Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b.
Produk jadinya 30%
-
Uji karya
-
Kemasan
-
Kreativitas bentuk laporan
-
Presentasi
c.
Sikap 20%
-
Mandiri
-
Disiplin
-
Tanggung jawab
Lampiran RPP
1. Lembar Observasi Sikap Spiritual
Mata
Pelajaran : Prakarya (Pengolahan
Rekayasa)
Kelas/
Semester : IX/ Satu
Waktu
Penilaian : ...
Sikap Spiritual : Menjelaskan cara pengemasan karya rekayasa sebagai
alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik dc (Charger dsb)
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Skor
|
Predikat
|
1.
|
Fahrurozi
|
4
|
Sangat baik
|
2.
|
Bagus Setiawan
|
3
|
Baik
|
3.
|
Sri
Suprapti
|
2
|
Cukup
|
4.
|
Diana
Lestari
|
1
|
Kurang
|
5.
|
…
|
||
6.
|
Dst.
|
Guru Mata Pelajaran,
Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual
Deskriptor
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
Menyimak dari beberapa sumber tentang
langkah-langkah produksi penyimpan daya dan pengemasannya
2.
Menyimak berbagai fungsi rekayasa
penyimpan daya arus searah
3.
Peserta didik melakukan pengamatan vidio tentang sumberdaya
yang dibutuhkan dalam berwirausaha
4.
Peserta didik melakukan pengamatan vidio tentang sumberdaya
yang dibutuhkan dalam berwirausaha alat pengatur s sederhana dengan sumber arus listrik
|
4
|
4 deskriptor teramati
|
3
|
3 deskriptor teramati
|
|
2
|
2
deskriptor teramati
|
|
1
|
1 deskriptor
teramati
|
2. Lembar
Observasi Sikap Sosial
Mata
pelajaran : Prakarya (Rekayasa)
Kelas/
semester : IX/ Satu
Waktu
Penilaian : ...
No
|
Nama
|
Nilai
Sikap Sosial
|
Modus
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|||
1
|
Adam
|
|||||||||||||
2
|
Liansa
|
|||||||||||||
3
|
Adit
|
|||||||||||||
4
|
Nita
|
|||||||||||||
5
|
Pram
|
|||||||||||||
6
|
Dst . . .
|
Keterangan:
· Skor:
4 : Sangat Baik
3 : Baik
2 : Cukup
1 : Kurang
· Nilai
sikap sosial:
1=Rasa ingin tahu
2= Santun
3= Motivasi internal
4= Jujur
|
5= Percaya diri
6= Mandiri
7= Bertoleransi
8= gotong -royong
|
9
= Disiplin
10= Bertanggung jawab
11= Teliti
12= rapi
|
Guru
Prakarya,
. .
. . . . . . . . . .