RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Prakarya Rekayasa Pembuatan Sirene Tiga Suara



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata pelajaran                      : Prakarya
Kelas                                       : IX Semester                          : 1 (satu)
Alokasi Waktu                       : 3 x pertemuan (6 jam pelajaran)
Aspek                                      : Rekayasa Pembuatan Sirene Tiga Suara
A.   Kompetensi  Inti (KI)     :
1.     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.     Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.   Kompetensi Dasar (KD) :
1.1.    Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.1.    Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
2.2.    Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
2.3.    Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
3.3. Memahami proses produksi rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber.
Indicator:
·    Menjelaskan produksi dan proses produksi pembuatan alat penyimpan daya listrik (Power Bank)
·    Menjelaskan Proses produksi produk rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC (teknik pemilihan bahan, penyiapan bahan, teknik pemrosesan)
·    Menetapkan desain proses produksi rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC  berdasarkan prosedur berkarya (jenis, manfaat,  teknik rekayasa, dan pengemasan)
·    Menjelaskan Langkah keselamatan kerja

4.2 Mendesain proses produksi karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya, teknologi, dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·    Menjelaskan cara pengemasan karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik dc (Charger dsb) disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
·    Membuat desain dan pengemasan produk karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik dc
·    Melaporkan secara lisan atau tulisan mengenai karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik dc

D.   Materi Pembelajaran

Materi Reguler
·    Macam macam Produk penyimpan daya (Accu basah/kering, Bateray dsb) yang berkembang saat ini
·    Pengemasan hasil produksi penyimpan daya arus searah yang berkembang saat ini
·    Desain produksi karya rekayasa penyimpan daya disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
·    Desain pengemasan karya rekayasa penyimpan daya disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia


Materi Remidial
·    Menentukan desain produksi (aneka model produk) dan pengemasan karya rekayasa penyimpan daya sebagai sumber daya alat komunikasi sederhana
·    Penggunaan perangkat lunak dan keras untuk desain dan pengemasan alat penyimpan daya sebagai sumber daya alat komunikasi arus searah (gambar produk)

Materi Pengayaan
·    Langkah kerja produksi dan desain alat penyimpan daya sebagai sumber daya alat komunikasi arus searah (Menulis proses produksi yang akan dilakukan sesuai jenis produk yang ditentukan)
·    Percobaan produksi dan desain kemasan alat penyimpan daya sebagai sumber daya alat komunikasi arus searah (Menulis proses produksi yang akan dilakukan)

E.    Metode pembelajaran
·    Demonstrasi dan Eksperimen
·    Diskusi kelompok
·    Presentasi
·    Penugasan

F.    Alat/Media/Bahan
·    Alat                                   : Seperangkat Komputer, jaringan internet, contoh-contoh gambar/brosur alat komunikasi arus searah (Accu basah/kering, bateray dsb)
·    Bahan ajar            : Buku elektronika dasar yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan didapat dari Kliping Majalah ataupun internet, atau sumber lain.


Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran

Setelah menjelaskan semua indikator dan tujuan pembelajaran dan hasil akhir dari pembelajaran ini, siswa mengikuti mencari informasi produk dan pengemasan karya rekayasa penyimpan daya alat komunikasi arus searah, melihat video atau gambar beberapa produk dan pengemasan karya rekayasa penyimpan daya alat komunikasi arus searah, berdiskusi secara kelompok dan diskusi kelas.

1.    Pertemuan Pertama : (2 JP)
Pendahuluan (10 Menit) :
·    Berdoa
·    Apersepsi(Guru bertanya : “Apakah siswa sudah pernah melihat proses produksi perangkat elektronika/penyimpan daya ?)
·    Orientasi (Guru menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan proses produksi dan kemasannya perangkat elektronika/penyimpan daya)
·    Motivasi (Memberi contoh tentang keuntungan hasil produksi)
·    Pemberian Acuan :
Garis besar tentang “Produksi Penyimpan Daya”
Pembentukan kelompok diskusi
Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti (70 Menit) :
a.    Mengamati
·  Menyimak dari beberapa sumber tentang langkah-langkah produksi penyimpan daya dan pengemasannya
·  Menyimak berbagai fungsi rekayasa penyimpan daya arus searah
·  Peserta didik melakukan pengamatan vidio tentang sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha
·  Peserta didik melakukan pengamatan vidio tentang sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha alat pengatur s sederhana dengan sumber arus listrik

b.   Menanya
·  Mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai contoh gambar/video dengan menjelaskan alat yang diperlukan dan teknik yang digunakan
·  Guru memancing siswa agar bertanya
·  Mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai berbagai fungsi dari karya penyimpan daya
·  Peserta didik  menanya dan memberi pendapat sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha alat penyimpan daya sumber arus searah
·  Peserta didik mendiskusikan sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha alat penyimpan daya arus searah.

c.    Mengumpulkan data
·  Peserta didik membaca sumber referensi ( buku siswa ) mengenai wirausaha penyimpan daya arus searah
·  Peserta didik mengisi LK 1
·  Peserta didik menjelaskan hasil diskusi tiap kelompok tentang  penyimpan daya arus searah dalam berwirausaha

d.   Mengasosiasi
·   Peserta didik merumuskan pengertian dan macam-macam sumberdaya yang dibutuhkan dalam wirausaha alat penyimpan daya arus searah
·   Peserta didik dan guru menyamakan persepsi tentang bahan, alat dan proses kerja membuat alat penyimpan daya arus searah

e.    Mengkomunikasikan
·    Siswa melakukan presentasi hasil diskusi kelompok


Kegiatan Penutup (10 menit)
a.   Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b.   Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c.    Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran alatpenjernih air dari bahan alam.           
d.   Sebagai kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e.   Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.

Pertemuan Kedua : (2 JP)
1.  Kegiatan Pendahulan (10 menit)
a.   Mengajak berdoa sebelum mulai pelajaran/menanyakan kondisi fisik dan mengajak bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.   Memberi contoh bahan untuk membuat penyimpan daya arus searah
c.    Tanya jawab seputar bahan untuk membuat alat penyimpan daya arus searah
d.   Menginformasikan tujuan pembelajaran/kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
e.   Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.  Kegiatan Inti (70 menit)
a.    Mengamati
b.    Menanya
c.    Mengumpulkan data
d.    Mengasosiasi
e.    Mengkomunkasikan

3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a.   Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
b.   Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
c.    Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran tentang jenis-jenis penjernih air dari bahan alam.           
d.   Sebagai kegiatan tindak lanjut guru memberi tugas baik individu maupun kelompok
e.   Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.

G.  Sumber Belajar
·     Contoh produk rekayasa alat penyimpan daya arus searah
·     Aneka bahan yang digunkaan untuk pembuatan produk rekayasa alat penyimpan daya arus searah
·     Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet)

Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Penilaian
1.  Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
1.      Sumberdaya yang dibutuhkan dalam menjalakan wirausaha alat penyimpan daya arus searah
2.      Pengetahuan tentang  bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan rekayasa alat penyimpan daya arus searah





Aspek yang dinilai:
a.       Apresiasi  20%
b.      Keruntutan  berpikir 20%
c.       Pilihan kata 20%
d.      Kreativitas bentuk laporan 20%
e.       Perilaku  20%

2.  Penilaian Pengamatan, tentang:
1.   Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan rekayasa alat penyimpan daya arus searah yang ada di lingkungan wilayah setempat 
3.      Mengevaluasi/menguji hasil karya rekayasa alat penyimpan daya arus searah
2.   Aspek yang dinilai:
a.       Kerincian  20%
b.      Ketepatan pengetahuan 20%
c.       Pilihan kata 20%
d.      Keativitas bentuk laporan 20%
e.       Perilaku 20%

3.  Penilaian Pengayaan Pembuatan Karya, tentang:
 1.Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya rekayasa alat penyimpan daya arus searah
2. Pembuatan produk dan penyajian rekayasa penyimpan daya arus searah dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

a.       Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai  KKM diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial misalnya:
1)  Pembelajaran ulang
2)  Bimbingan perorangan
3) Pemanfaatan tutor sebaya, dll.
                        i.Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah mencapai KKM diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa projek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam makanan kudapan dari bahan pangan serealia dan umbi yang berasal dari daerah setempat.



4.      Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap produk rekayasa alat penyimpan daya arus searah yang dibuatnya
. Aspek yang dinilai:
a. Proses pembuatan 50%
-       Ide gagasan
-       Kreativitas
-       Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b.   Produk jadinya 30%
-       Uji karya
-       Kemasan
-       Kreativitas bentuk laporan
-       Presentasi
c.       Sikap 20%
-       Mandiri
-       Disiplin
-       Tanggung jawab
Lampiran RPP

1.  Lembar Observasi Sikap Spiritual

Mata Pelajaran           : Prakarya (Pengolahan Rekayasa)
Kelas/ Semester        : IX/ Satu
Waktu Penilaian        : ...
Sikap Spiritual            : Menjelaskan cara pengemasan karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik dc (Charger dsb) disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
No.
  Nama Peserta Didik
   Skor
   Predikat
1.
Fahrurozi
4
Sangat baik
2.
Bagus  Setiawan
3
Baik
3.
Sri Suprapti
2
Cukup
4.
Diana Lestari
1
 Kurang
5.


6.
Dst.



Guru Mata Pelajaran,


 




           Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
Deskriptor
Skor
Kriteria
1.      Menyimak dari beberapa sumber tentang langkah-langkah produksi penyimpan daya dan pengemasannya

2.      Menyimak berbagai fungsi rekayasa penyimpan daya arus searah

3.      Peserta didik melakukan pengamatan vidio tentang sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha

4.      Peserta didik melakukan pengamatan vidio tentang sumberdaya yang dibutuhkan dalam berwirausaha alat pengatur s sederhana dengan sumber arus listrik


4

4 deskriptor teramati
3
3 deskriptor teramati
2
2   deskriptor teramati
1
1 deskriptor teramati
2.  Lembar Observasi  Sikap Sosial
           
   Mata pelajaran       : Prakarya (Rekayasa)
Kelas/ semester           : IX/ Satu
Waktu Penilaian          : ...

No
Nama
Nilai Sikap Sosial
Modus
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Adam













2
Liansa













3
Adit













4
Nita













5
Pram













6
Dst . . .













Keterangan:
·  Skor:
 4 : Sangat Baik
 3 : Baik
 2 : Cukup
 1 : Kurang










·  Nilai sikap sosial:           
1=Rasa ingin tahu   
2= Santun
3= Motivasi internal
4= Jujur
5= Percaya diri
6= Mandiri
7= Bertoleransi
8= gotong -royong
9  = Disiplin
10= Bertanggung jawab
11= Teliti
12= rapi

Guru Prakarya,


. . . . . . . . . . . .



















We will email you when we have a new update: