Pemetaan Kompetensi Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP kelas 7 semester 1
Hi sahabat azizalkayis, kali ini kai akan berbagi tentang pemetaan kompetensi dalam pelajaran bahasa inggris untuk SMP kelas 7. seperti diketahui bersama bahwa seorang pendidik atau guru harus memiliki perangkat didalam pelajaran yang diampu. ada banyak perngkat yang dibutuhkan dalam mencapai target pengajaran di dalam kelas. salah satunya adalah peetaan kompetensi dasar. ayo teanteman guru selalu update perangkat kita, kemampuan kita dan inovasi kita dalam menyampaikan pelajaran di dalam kelas yang kita ampu. suksess selalu ya....
Pemetaan Kompetensi
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Satuan pendidikan : SMMP/MTs
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Satuan pendidikan : SMMP/MTs
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang di-anutnya
2. Menghargai
dan menghayati perila-ku jujur, disiplin, tanggung jawab, pe-duli (toleransi,
go-tong royong), san-tun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif de-ngan
lingkungan so-sial dan alam dalam jangkauan pergau-lan dan keberadaan-nya
|
1.1Mensyukuri ke-sempatan
dapat mempelajari ba-hasa Inggris se-bagai bahasa pe-ngantar komuni-kasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1Menunjukkan
pe-rilaku santun dan peduli dalam me-laksanakan ko-munikasi inter-personal
dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan
perilaku jujur, di-siplin, percaya di-ri, dan ber-tanggung jawab dalam
melaksa-nakan komunikasi transaksional de-ngan guru dan te-man.
2.3Menunjukkan
pe-rilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, da-lam
melaksana-kan komunikasi fungsional.
|
- Memahami
pentingnya mem-pelajari bahasa Inggris se-bagai bahasa pengantar ko-munikasi
internasional
- Memahami
dan menunjukkan sikap santun dan peduli da-lam berkomunikasi dengan masyarakat
di lingkungan se-kitar baik di rumah maupun di sekolah
- Memahami
dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, per-caya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional de-ngan guru dan teman
- Memahami
dan menunjukkan perilaku tanggung jawab, pe-duli, kerjasama, dan cinta da-mai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
|
|||||
3. Memahami penge-tahuan (faktual, kon-septual, dan pro-sedural)
berdasar-kan rasa ingin ta-hunya tentang ilmu pengetahuan, tek-nologi, seni,
bu-daya terkait feno-mena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, meng-olah, dan menyaji dalam ranah kon-kret (menggunakan,
mengurai, merang-kai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (me-nulis, membaca,
menghitung, meng-gambar, dan me-ngarang) sesuai de-ngan yang dipelajari di
sekolah dan sum-ber lain yang sama dalam sudut pan-dang/teori
|
3.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta res-ponsnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11Memahami fung-si sosial dan un-sur
kebahasaan dalam lagu.
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk meng-ucapkan dan merespons sa-paan,
pamitan, ucapan terima-kasih, dan per-mintaan maaf, dengan mem-perhatikan
fung-si sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.14Menangkap
mak-na lagu.
|
-
Memahami berbagai cara un-tuk membuka dan
menutup percakapan
-
Memahami ungkapan sapa-an dengan orang lain
- Memahami
ungkapan pa-mitan
- Memahami
ungkapan terima-kasih
- Memahami
ungkapan per-mintaan maaf
- Membuat
dialog meng-gunakan ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
- Memahami
dan meng-ungkapkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lagu
- Memahami makna lagu
|
-
Take it easy, guys!
|
√
|
24 x 40'
|
||
3.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
perkenalan diri, serta reponsnya, sesuai dengan konteks peng-gunaannya.
3.3Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk me-nyatakan
dan menanyakan nama hari, bu-lan, nama waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
|
-
Memahami ungkapan per-kenalan diri
-
Memahami penggunaan sis-tem kalender dan
waktu
-
Memahami penggunaan pe-maparan jati diri
-
Membuat dialog meng-gunakan ungkapan
per-kenalan diri
-
Membuat dialog meng-gunakan sistem kalender
dan waktu
-
Membuat kalimat meng-gunakan kata-kata yang
ber-hubungan dengan sistem ka-lender dan waktu
-
Memahami makna pemapar-an jati diri
-
Membuat teks yang memuat
informasi/identitas pribadi
|
- I would like to introduce myself
|
√
|
24 x 40'
|
|||
3.4Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11Memahami
fungsi sosial dan unsur kebahasa-an dalam lagu
4.2Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespons
perkenalan diri, dengan sangat pendek sederha-na, dengan memperhatikan funsi
sosial, struktur teks, dan unsur ke-bahasaan yang benar dan se-suai
4.3Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyata-kan dan me-nanyakan nama hari, bulan, na-ma
waktu da-lam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, de-ngan
unsur ke-bahasaan yang benar dan se-suai konteks.
4.4Menangkap
mak-na pemaparan jati diri lisan dan tulis sangnat pendek dan se-derhana
4.5Menyusun
teks lisan dan tulis untuk memapar-kan dan mena-nyakan jati diri, dengan
sangat pendek dan se-derhana, de-ngan memper-hatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14Menangkap
mak-na lagu.
|
-
Memahami dan meng-ungkapkan fungsi dan
unsur kebahasaan lagu
-
Memahami makna lagu
|
||||||
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pa-da teks untuk menyatakan dan menanyakan na-ma dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang de-kat dengan ke-hidupan siswa
sehari-hari.
3.11Memahami
fung-si sosial dan un-sur kebahasaan dalam lagu.
4.6Menyusun
teks li-san dan tulis un-tuk menyatakan dan menanya-kan nama bina-tang,
benda, dan bangunan publik yang dekat de-ngan kehidupan siswa sehari-ha-ri,
dengan mem-perhatikan fung-si sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.14Menangkap
mak-na lagu.
|
- Memahami
tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
- Memahami
dan meng-ungkapakan fungsi dan unsur kebahasaan lagu
- Menulis
teks tentang bi-natang, benda dan bangunan
- Mengungkapakan
bagaima-na menanyakan tentang na-ma dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
- Menulis
teks yang me-ngandung simple present
tense
- Memahami
makna lagu
|
- I live in a beautiful house
|
√
|
24 x 40'
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
…………………………………
Guru Mata
Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|