RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7

Klik link ini untuk mendapatkan file ms Word


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 

RPP

Mata Pelajaran:  Bahasa Inggris
Kelas/Semeester : VII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTS

Unit 1 Take it Easy, Guys!


Kompetensi Inti    :           -    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
-       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
-       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar   :  -   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
-       Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
-       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
-       Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
-       Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
-       Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
-       Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespons sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
-       Menangkap makna lagu
Indikator                :           -     Memahami pentingnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
-       Memahami dan menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
-       Memahami dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
-       Memahami berbagai cara untuk membuka dan menutup percakapan
-       Memahami ungkapan sapaan dengan orang lain
-       Memahami ungkapan pamitan
-       Memahami ungkapan terimakasih
-       Memahami ungkapan permintaan maaf
-       Membuat dialog menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
-       Memahami dan mengungkapkan fungsi dan unsure kebahasaan lagu
-       Memahami makna lagu
Alokasi Waktu    : 24 jam pelajaran (12 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

-       Siswa dapat memahami dan menunjukkan sikap santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan sekitar baik di rumah maupun di sekolah
-       Siswa dapat memahami berbagai cara untuk membuka dan menutup percakapan
-       Siswa dapat memahami ungkapan sapaan dengan orang lain
-       Siswa dapat memahami ungkapan pamitan
-       Siswa dapat memahami ungkapan terimakasih
-       Siswa dapat memahami ungkapan permintaan maaf
-       Siswa dapat membuat dialog menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
-       Siswa dapat memahami makna lagu
Karakter siswa yang diharapkan:
-     Bertanggung jawab, disiplin, jujur, dan toleran   

B.    Materi Pembelajaran

      Take it easy, guys!
        Pertemuan Ke-1 s.d. 12
1. Greeting
Greeting in Indonesian means tegur sapa. It is used to greet someone. Here are the examples of using greeting and its response.
Greetings                                   Responses                                                           
Good morning                          Good morning                                                     
Good day                                   Good day                                                                                                              
Hi,...                                            Hi,...                                                                       
Hello,...                                       Hello,...                                                  
Nice to meet you.                       Nice to meet you too

General greetings (Formal)
-      Hello!
-      How are you?
-      How are you doing?
General Greetings (Informal)
-      Hi.
-      What’s up?
-      Good to see you.
Greeting a person you haven’t seen for a long time (Formal)
-      It has been a long time.
-      It has been too long.
-      What have you been up to all these years?
Greeting a person you haven’t seen for a long time (Informal)
-      How come I never see you?
-      It has been such a long time.
-      Long time no see
2. Leave-taking
Leave taking is expression said when you want to leave someone.
Expressions                                                                                             
-     I’ll talk to you later.
-     It’s been nice talking to you.
-     I’d love to continue this conversation, but …
      Responses
-     Yes, of course.
-     Sure. See you later.
-     So long.
3. Gratitude
Gratitude is an expression to thank someone.
Expressions                                                                              Responses
- Thank you                                                                               You’re welcome
- Thank you very much                                             That’s all right
- Thank a lot                                                                              Not at all
4. Apology
Apology is expression to ask apology.
Expressions                                                                              Responses
-   I am sorry                                                                               - Not at all
-   I am very sorry                                                       - That’s alright
-   I apologize                                                             - No problem

C.    Metode Pembelajaran

        Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

 


 

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Ke-1 s.d. 12
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diberi pemahaman tentang dasar ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami take it easy, guys

Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami pengertian ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
2.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami kegunaan ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
3.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami contoh ungkapan sapaan,  pamitan, terimakasih,  dan permintaan maaf
4.     Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bertanggung jawab, disiplin, jujur, dan toleran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1.     Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak menjelaskan pengertian ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
2.     Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diajak memahami kegunaan ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
3.     Dengan praktik, siswa dapat memahami dan meneladani contoh ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
4.     Dengan praktik, siswa dapat menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa dalam kehidupan sehari-hari
5.     Dengan diskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf dalam kehidupan sehari-hari
6.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf pada buku Bahasa Inggris 1A dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Penutup

1.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
4.    Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

E.     Alat dan Bahan

1.    Alat                          :  Kamus bahasa Inggris
2.    Sumber belajar        :  -   Buku paket
-   Buku lain yang relevan
-   Buku Bahasa Inggris 1A
F.     Penilaian
1.    Teknik/jenis            :  kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen   :  pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal       :
Read the dialog below then answer the questions!
Sisca       : I’m going to see my grandma.
Misca      : When?
Sisca       : Tomorrow morning.
Misca      : Is she sick?
Sisca       : No, she is all right.
Misca      : You just miss her, don’t you?
Sisca       : Right.
Misca      : How long will you be with her?
Sisca       : May be one week.
Misca      : It’s so long. I will miss you.
Sisca       : You can call me anytime.
Misca      : Okay. Please send my kind regards to her.


Sisca       : I will.
Misca      : See you.
Sisca       : See you.
Questions:
1.   Where is Sisca going?
2.   Is Sisca’s grandma sick?
3.   Does Sisca miss her grandma?
4.   How long will Sisca go?
5.   What expressions they use that express leave-taking?


  
       Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
       Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………………………
Guru Mata Pelajaran



________________________
NIP.




________________________
NIP.




Link PDF
Link Word





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran:  Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTS

Unit 2  I would like to introduce myself


Kompetensi Inti    :          -      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
-       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
-       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar:      -  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
-       Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
-       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
-       Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
-        Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta reponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
-       Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-       Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
-       Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
-       Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespons perkenalan diri, dengan sangat pendek sederhana, dengan memperhatikan funsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai.
-       Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-       Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangnat pendek dan sederhana 
-       Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-       Menangkap makna lagu.
Indikator:                            -    Memahami pentingnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
-       Memahami dan menunjukkan sikap santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan sekitar baik di rumah maupun di sekolah
-        Memahami dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
-       Memahami ungkapan perkenalan diri
-       Memahami penggunaan sistem kalender dan waktu
-       Memahami penggunaan pemaparan jati diri
-       Membuat dialog menggunakan ungkapan perkenalan diri
-       Membuat dialog menggunakan sistem kalender dan waktu
-       Membuat kalimat menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan sistem kalender dan waktu
-       Memahami makna pemaparan jati diri
-       Membuat teks yang memuat informasi/identitas pribadi
-       Memahami dan mengungkapkan fungsi dan unsur kebahasaan lagu
-       Memahami makna lagu
Alokasi Waktu          : 24 jam pelajaran (12 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

-       Siswa dapat memahami ungkapan perkenalan diri
-       Siswa dapat memahami penggunaan sistem kalender dan waktu
-       Siswa dapat memahami penggunaan pemaparan jati diri
-       Siswa dapat membuat dialog menggunakan ungkapan perkenalan diri
-       Siswa dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan sistem kalender dan waktu
-       Siswa dapat membuat teks yang memuat informasi/identitas pribadi
-       Siswa dapat memahami makna lagu

Karakter siswa yang diharapkan:

-  Disiplin, peduli, jujur, santun, dan toleran

Materi Pembelajaran

I would like to introduce myself
Pertemuan Ke-13 s.d. 24
1. Introduction
                    If you want to introduce yourself, you can use these expressions below.
-     I’d like to introduce myself.
-     May I introduce myself?
-     Let me introduce myself.
-     I want to introduce myself.
If you want to introduce someone, you can use these expressions below.
-     I’d like you to meet .... (name)
-     This is my friend/boss/manager/etc. .... (name)
-     Have you meet ... (name)?
-     May I introduce to you ....
-     Let me introduce you to ....
-     I want to introduce you to ....
2. Personal information
Personal information tells about individual’s identity. It is usually used to introduce someone to others.
Pay attention to the following example:
    Language feature:
a.   Use question words who, which, how, where, etc
b.   Use pronoun I, you, we, they, he, she, it.
c.   Use possessive pronoun my, your, our, her, his, etc.
d.   Use action verb related to the simple present tense, e.g. be, have, work, live, etc.
e.   Use singular and plural nouns.
3. Calendar and time
-     Calendar shows all the days, weeks, and months of the year.
-     Name of Day: -Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday     
-     Date:
             British style
             On January 2nd, 1965: On January second January nineteen sixty five
             American style
             On 2nd January 1965: On the second of January nineteen sixty five
-     Time:
There are special ways to say times that end with the numbers 00, 15, 30, and 45.
5:00   : It is five o'clock
5:15   : It is quarter after five (or, you could say, quarter past five)
5:30   : It is half past five
5:45   : It is quarter to six (or, you could say, quarter 'till six
Expression to ask about time:
A: What time is it?
B: It is three o’clock
Note:
AM     : 00.00-11.59
PM     : 12.00-23.59


4.     Cardinal and ordinal number
-   Cardinal number
Cardinal number is used to tell “how many”. Cardinal numbers are also known as counting numbers, because they show quantity.
Here are cardinal numbers.
1: one
2: two
3: three
4: four
  5: five
Example:
1. 8 balloons
2. 7 cakes
-   Ordinal Number
Ordinal numbers are used to tell the order of things in a set such as first, second, third, etc. They show rank or position.
Here are ordinal numbers
- 1st         : First
-2nd         : Second
-3rd       : Third
Example:
1. 1st fastest
2. 3rd in line

B.     Metode Pembelajaran

            Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

C.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-13 s.d. 24
            Pendahuluan                                                                                  
Apersepsi:
Siswa diberi pemahaman tentang dasar sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami I would like to introduce myself

Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami pengertian sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
2.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami makna dan kegunaan sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
3.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami contoh sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
4.     Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan,  dan sumber belajar lainnya secara disiplin, peduli, santun, dan toleran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1.     Dengan tanya jawab dan berdiskusi, siswa diajak menjelaskan pengertian sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
2.     Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diajak menjelaskan makna dan kegunaan sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
3.     Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami dan menjelaskan tentang sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
4.     Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami dan menjelaskan contoh sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
5.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan pada buku Bahasa Inggris 1A dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Penutup

1.                 Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)
4.   Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5.   Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

D.     Alat dan Bahan

1.   Alat                          :  Kamus bahasa Inggris
2.   Sumber belajar       :  -     Buku paket
-     Buku lain yang relevan
-     Buku Bahasa Inggris 1A

E.     Penilaian

1.   Teknik/jenis           :  kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen  :  pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal       :
Make a Bob’s identity card based on the information from dialog below!
Bob       : My name is Bob Marrison.
Michael      : Where do you live?
Bob       : I live at Nangka Street 56, Sukoharjo.
Michael      : How old are you?
Bob       : I am fourteen. I was born on 25th December 2000.
Michael      : So, you are a student here, right? And your return day is special day for Christian.
Bob       : Yes. You’re right. But, I am Moslem.
Michael      : Oh…do you live with your parents?
Bob       : Yes.
Michael      : What is your hobby?
Bob       : I like swimming.
Michael      : May I have your phone number? May be someday we can swim together.
Bob       : Of course. 082 234 789
Michael      : I will text you soon. I am glad to know you, Bob. Bye bye Bob.
Bob       : Me too. Bye

                 
    
       Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
       Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)




Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………………………
Guru Mata Pelajaran



________________________
NIP.




________________________
NIP.






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran:  Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTS

Unit 3  I Live in a Beautiful House


Kompetensi Inti    :           -     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
-       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
-       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar:      -  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
-       Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
-       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
-       Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
-       Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
-       Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
-       Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-       Menangkap makna lagu.
Indikator            :         -    Memahami pentingnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
-       Memahami dan menunjukkan sikap santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan sekitar baik di rumah maupun di sekolah
-       Memahami dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
-       Memahami dan menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
-       Memahami tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
-       Memahami dan mengungkapakan fungsi dan unsur kebahasaan lagu
-       Menulis teks tentang binatang, benda dan bangunan
-       Mengungkapakan bagaimana menanyakan tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
-       Menulis teks yang mengandung simple present tense
-       Memahami makna lagu
Alokasi Waktu       : 24 jam pelajaran (12 x pertemuan)


A.     Tujuan Pembelajaran

-  Siswa dapat memahami tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
-  Siswa dapat memahami makna lagu
- Siswa dapat mengungkapakan bagaimana menanyakan tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan  bangunan
-  Siswa dapat menulis teks yang mengandung simple present tense

Karakter siswa yang diharapkan:

-  Bekerja sama, disiplin, percaya diri, dan toleran  

B.     Materi Pembelajaran

I live in a beautiful house
Pertemuan Ke-25 s.d. 36
 1. Kinds of animal
    a. Wild animal        : A wild animal lives in its natural environment. Example: tiger, lion, and crocodile.
    b. Tame animal      : Tame animals are animal that it is not wild and not frightened of  people. Example: cat, rabbit, and chicken.
Expressions                                                          Responses
-   What is it?                                                          - It is a/an ....                                                         
-   What is that?                                                      - That is a/an ....
-   What are those?                                                                - Those are ....
-   What is this?                                                      - This is a/an ....
-   What are these?                                                                - These are ....
-   What are they?                                                  - They are ....

That/This + is + a + singular noun
Those/These + are + plural noun 
2. Things around us
- Things in the bedroom      : pillow, bolster, bed.
- Things in the bathroom     : soap, shampoo, bathtub.
- Kitchen                                 : frying pan, pan, stove.
- Living room                         : table, sofa, chair.
- School                                 : whiteboard, board marker, chair
    Expression to ask the number of something                     Response
-   How many … do you have?                                                             - I have … (countable noun)
-   How many … are there?                                                   - There are … (countable noun)
-   How much … is there?                                                      - There is … (uncountable noun
Article

Function
Example
a or an




The article a/an is used when we don't specify the things or people we are talking about.
a dog, a pilot, an engineer, an elephant
The
It's used when the speaker talks about a specific object that both the person speaking and the listener know.
- The car over there is fast.
- The president of the United States is giving a speech tonight.
3. Public places
Public places are the buildings around us to do the daily activities, such as schools, hotels, hospitals, etc. The public places have the different functions. People work in those places based on their jobs.
   Here are some professions of people who work in the public places:
    - Postman is a man who takes and brings letters and parcels as a job.
    - Policeman/policewoman is a man/woman who is a member of the police.
    - Teacher is someone whose job is to teach in a school, college, etc
    - Seller is someone who sells something
    - Doctor is a person whose job is to treat people who have an illness or injury
 4. Simple present tense
    Formula:
§    Positive (+)
        I/You/We/They +Verb1+Object
        He/She/It+Verb1(-s/-es)+Object
§    Negative (-)
I/You/We/They+Do+Not+Verb1+Object
He/She/It+Does+Not+Verb1+Object
§    Interrogative (?)
Do+I/You/We/They+Verb1+Object?
Does+He/She/It+Verb1+Object?

Example:
(+) He speaks English fluently.
(-) He doesn’t speak English fluently.
(?) Does he speak English fluently?
                 Time marker:
- Every day            - Usually
- On Sunday          - Often
- Always                 - Sometimes

C.     Metode Pembelajaran

            Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan Ke-25 s.d. 36
            Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diberi pemahaman tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan umum, dan grammar
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami I live in a beautiful house

Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami pengertian tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan umum, dan grammar
2.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami maksud dan tujuan menyebutkan  dan merespons nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan umum, dan makna grammar
3.     Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bekerja sama, disiplin, percaya diri, dan toleran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1.     Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak menjelaskan pengertian tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan umum, dan grammar
2.     Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diajak menjelaskan maksud dan tujuan menyebutkan  dan merespons nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan umum, dan makna grammar
3.     Dengan praktik, siswa dapat membuat contoh teks tentang binatang, benda, dan bangunan, dan memahami makna grammar
4.                 Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan umum, dan grammar pada buku Bahasa Inggris 1A dan buku penunjang lainnya
    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Penutup

1.                 Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)
4.   Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5.   Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

E.     Alat dan Bahan

1.   Alat                          :  Kamus bahasa Inggris
2.   Sumber belajar       :  -     Buku paket
-     Buku lain yang relevan
-     Buku Bahasa Inggris 1A

F.     Penilaian

1.   Teknik/jenis           :  kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen  :  pertanyaan lisan dan tes tertulis









3.   Instrumen/soal       :
Complete this paragraph by choosing the words in the brackets!
Andrea Wardana and Dewi Lesmana (live/lives) in Jakarta. Andrea Wardana is a (writer/writes). He writes many novels. His novel always (become/becomes) best seller in Indonesia. He is 35 years old. Meanwhile, Dewi Lesmana is a pop (singer/sing). She (have/has) a beautiful voice. She (are/is) 28 years old. They (has/have) two daughters. They (is/are) Kinan Larasati and Gina Monica. Kinan is 12 and Gina is 8. Kinan has chubby cheek. She is short and has curly hair. She is cute. Gina is tall and thin. She has straight hair. They usually have dinner together on the weekend. They are happy family.


      
       Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
       Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)




Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………………………
Guru Mata Pelajaran



________________________
NIP.




________________________
NIP.





Klik link ini untuk mendapatkan file PDF

Klik link ini untuk mendapatkan file ms Word

We will email you when we have a new update: