RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7
Klik link ini untuk mendapatkan file ms Word
A. Tujuan
Pembelajaran
B. Materi
Pembelajaran
C. Metode
Pembelajaran
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Inti
Penutup
E. Alat dan Bahan
Link PDF
Link Word
Unit 2 I would like to introduce myself
A.
Tujuan
Pembelajaran
Karakter siswa yang diharapkan:
Materi Pembelajaran
B. Metode Pembelajaran
C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Inti
Penutup
D. Alat dan Bahan
E. Penilaian
Unit 3 I Live in a Beautiful House
A.
Tujuan
Pembelajaran
Karakter siswa yang diharapkan:
B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Inti
Penutup
E. Alat dan Bahan
F. Penilaian
Klik link ini untuk mendapatkan file PDF
Klik link ini untuk mendapatkan file ms Word
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semeester : VII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Unit 1 Take it Easy, Guys!
Kompetensi Inti : - Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
-
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
-
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar :
-
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
-
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman
-
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
-
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
-
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
-
Memahami
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
-
Menyusun teks lisan sederhana untuk
mengucapkan dan merespons sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan
maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
-
Menangkap
makna lagu
Indikator : - Memahami pentingnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional
- Memahami dan menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan
teman.
- Memahami dan menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman
- Memahami berbagai cara untuk
membuka dan menutup percakapan
- Memahami ungkapan sapaan dengan
orang lain
- Memahami ungkapan pamitan
- Memahami ungkapan terimakasih
- Memahami ungkapan permintaan maaf
- Membuat dialog menggunakan ungkapan
sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
- Memahami dan mengungkapkan fungsi dan unsure
kebahasaan lagu
- Memahami makna lagu
Alokasi Waktu : 24 jam
pelajaran (12 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami dan menunjukkan sikap santun dan
peduli dalam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan sekitar baik di rumah
maupun di sekolah
- Siswa
dapat memahami berbagai cara untuk membuka dan menutup percakapan
- Siswa
dapat memahami ungkapan sapaan dengan orang lain
- Siswa
dapat memahami ungkapan pamitan
- Siswa
dapat memahami ungkapan terimakasih
- Siswa
dapat memahami ungkapan permintaan maaf
- Siswa dapat membuat dialog menggunakan
ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
- Siswa dapat memahami makna lagu
Karakter siswa yang
diharapkan:
- Bertanggung jawab, disiplin, jujur, dan
toleran
B. Materi
Pembelajaran
Take it
easy, guys!
Pertemuan Ke-1 s.d. 12
1. Greeting
Greeting in Indonesian
means tegur sapa. It is used to greet someone. Here are the examples of
using greeting and its response.
Greetings Responses
Good morning Good morning
Good day Good day
Hi,... Hi,...
Hello,... Hello,...
Nice to meet you. Nice to meet you too
General greetings
(Formal)
- Hello!
- How
are you?
- How
are you doing?
General Greetings
(Informal)
- Hi.
- What’s
up?
- Good
to see you.
Greeting a person
you haven’t seen for a long time (Formal)
- It
has been a long time.
- It
has been too long.
- What
have you been up to all these years?
Greeting a person
you haven’t seen for a long time (Informal)
- How
come I never see you?
- It
has been such a long time.
- Long
time no see
2. Leave-taking
Leave
taking is expression said when you want to leave someone.
Expressions
- I’ll
talk to you later.
- It’s
been nice talking to you.
- I’d love to continue this conversation, but …
Responses
- Yes, of
course.
- Sure. See you
later.
- So long.
3. Gratitude
Gratitude is an expression to thank someone.
Expressions Responses
- Thank you You’re
welcome
- Thank you very much That’s
all right
- Thank a lot Not
at all
4. Apology
Apology is expression
to ask apology.
Expressions Responses
-
I am sorry -
Not at all
-
I am very sorry - That’s
alright
- I apologize -
No problem
C. Metode
Pembelajaran
Diskusi
kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 12
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diberi pemahaman tentang dasar ungkapan sapaan, pamitan,
terimakasih, dan permintaan maaf
Memotivasi
akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami take it easy, guys
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1. Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami pengertian ungkapan
sapaan, pamitan,
terimakasih, dan permintaan maaf
2. Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami kegunaan ungkapan
sapaan, pamitan,
terimakasih, dan permintaan maaf
3. Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami contoh ungkapan
sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf
4. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bertanggung
jawab, disiplin, jujur, dan toleran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak menjelaskan pengertian
ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih,
dan permintaan maaf
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diajak memahami kegunaan
ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih,
dan permintaan maaf
3. Dengan praktik, siswa dapat memahami dan meneladani contoh ungkapan
sapaan, pamitan,
terimakasih, dan permintaan maaf
4. Dengan praktik, siswa dapat menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa
dalam kehidupan sehari-hari
5. Dengan diskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami ungkapan sapaan, pamitan,
terimakasih, dan permintaan maaf dalam kehidupan sehari-hari
6. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang ungkapan sapaan, pamitan,
terimakasih, dan permintaan maaf pada buku Bahasa Inggris 1A dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan
penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru,
siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru
melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
4. Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Alat dan Bahan
1. Alat : Kamus bahasa
Inggris
2. Sumber
belajar : -
Buku paket
- Buku lain yang
relevan
- Buku Bahasa
Inggris 1A
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk
instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
Read
the dialog below then answer the questions!
Sisca : I’m going to see my
grandma.
Misca : When?
Sisca : Tomorrow morning.
Misca : Is she sick?
Sisca : No, she is all right.
Misca : You just miss her,
don’t you?
Sisca : Right.
Misca : How long will you be
with her?
Sisca : May be one week.
Misca : It’s so long. I will
miss you.
Sisca : You can call me
anytime.
Misca : Okay. Please send my
kind regards to her.
Sisca : I will.
Misca : See you.
Sisca : See you.
Questions:
Questions:
1.
Where is
Sisca going?
2.
Is Sisca’s
grandma sick?
3.
Does Sisca
miss her grandma?
4.
How long
will Sisca go?
5. What expressions they use that express
leave-taking?
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
…………………………………
Guru Mata
Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|
Link PDF
Link Word
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Unit 2 I would like to introduce myself
Kompetensi
Inti : - Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
-
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
-
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar: - Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
-
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
-
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
-
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
-
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta reponsnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
-
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan
dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
-
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
-
Memahami
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
-
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
menyatakan, menanyakan, dan merespons perkenalan diri, dengan sangat pendek
sederhana, dengan memperhatikan funsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai.
-
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-
Menangkap
makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangnat pendek dan sederhana
-
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat
pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-
Menangkap
makna lagu.
Indikator: - Memahami
pentingnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional
- Memahami dan menunjukkan sikap
santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan sekitar
baik di rumah maupun di sekolah
- Memahami dan menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman
- Memahami ungkapan perkenalan diri
- Memahami penggunaan sistem kalender
dan waktu
- Memahami penggunaan pemaparan jati
diri
- Membuat dialog menggunakan ungkapan
perkenalan diri
- Membuat dialog menggunakan sistem
kalender dan waktu
- Membuat kalimat menggunakan
kata-kata yang berhubungan dengan sistem kalender dan waktu
- Memahami makna pemaparan jati diri
- Membuat teks yang memuat
informasi/identitas pribadi
- Memahami dan mengungkapkan fungsi dan unsur
kebahasaan lagu
- Memahami makna lagu
Alokasi Waktu : 24 jam pelajaran (12
x pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami ungkapan perkenalan
diri
- Siswa dapat memahami penggunaan sistem
kalender dan waktu
- Siswa dapat memahami penggunaan
pemaparan jati diri
- Siswa dapat membuat dialog menggunakan
ungkapan perkenalan diri
- Siswa dapat membuat kalimat menggunakan
kata-kata yang berhubungan dengan sistem kalender dan waktu
- Siswa dapat membuat teks yang memuat
informasi/identitas pribadi
- Siswa
dapat memahami makna lagu
Karakter siswa yang diharapkan:
- Disiplin, peduli, jujur, santun, dan toleran
Materi Pembelajaran
I would
like to introduce myself
Pertemuan
Ke-13 s.d. 24
1. Introduction
If you want to introduce yourself, you can
use these expressions below.
- I’d like to introduce myself.
- May I introduce myself?
- Let me introduce myself.
- I want to introduce myself.
If you want to
introduce someone, you can use these expressions below.
- I’d like you to meet .... (name)
- This is my friend/boss/manager/etc.
.... (name)
- Have you meet ... (name)?
- May I introduce to you ....
- Let me introduce you to ....
- I want to introduce you to ....
2. Personal
information
Personal information
tells about individual’s identity. It is usually used to introduce someone to
others.
Pay attention to the following example:
Language
feature:
a. Use question words who, which, how, where,
etc
b. Use pronoun I, you, we, they, he, she, it.
c. Use
possessive pronoun my, your, our, her, his, etc.
d. Use action verb related to the simple
present tense, e.g. be, have, work, live, etc.
e. Use singular and plural nouns.
3. Calendar and time
- Calendar shows all the days, weeks, and months of the
year.
- Name of Day: -Sunday, Monday, Tuesday,
Wednesday, Thursday, Friday, Saturday
- Date:
British
style
On
January 2nd, 1965: On January second January nineteen sixty five
American
style
On 2nd
January 1965: On the second of January nineteen sixty five
- Time:
There are special ways to say times that end with the
numbers 00, 15, 30, and 45.
5:00 : It is five
o'clock
5:15 : It is
quarter after five (or, you could say, quarter past five)
5:30 : It is half
past five
5:45 : It is
quarter to six (or, you could say, quarter 'till six
Expression to ask about time:
A: What time is it?
B: It is three o’clock
Note:
AM : 00.00-11.59
PM : 12.00-23.59
4. Cardinal
and ordinal number
- Cardinal number
Cardinal number is used to tell “how many”. Cardinal
numbers are also known as counting numbers, because they show quantity.
Here are cardinal numbers.
1: one
2: two
3: three
4: four
5: five
Example:
1. 8
balloons
2. 7 cakes
- Ordinal
Number
Ordinal numbers are
used to tell the order of things in a set such as first, second, third, etc.
They show rank or position.
Here are ordinal
numbers
- 1st : First
-2nd : Second
-3rd : Third
Example:
1. 1st fastest
2. 3rd in line
B. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri,
dan penugasan
C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-13 s.d. 24
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa
diberi pemahaman tentang dasar sistem kalender dan waktu, pemaparan jati
diri, dan ungkapan perkenalan.
Motivasi:
Memotivasi
akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami I would like to introduce myself
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1. Guru memberikan informasi agar
siswa dapat memahami pengertian sistem kalender dan waktu, pemaparan jati
diri, dan ungkapan perkenalan.
2. Guru memberikan informasi agar
siswa dapat memahami makna dan kegunaan sistem
kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
3. Guru memberikan informasi agar
siswa dapat memahami contoh sistem kalender dan waktu, pemaparan jati
diri, dan ungkapan perkenalan.
4. Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya
secara disiplin, peduli, santun,
dan toleran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1. Dengan tanya jawab dan
berdiskusi, siswa diajak menjelaskan pengertian sistem kalender dan
waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
2. Dengan metode inkuiri, melalui
contoh siswa diajak menjelaskan makna dan kegunaan sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan
ungkapan perkenalan.
3. Dengan berdiskusi dan tanya
jawab, siswa dapat memahami dan menjelaskan tentang sistem kalender dan
waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
4. Dengan berdiskusi dan tanya
jawab, siswa dapat memahami dan menjelaskan contoh sistem kalender dan
waktu, pemaparan jati diri, dan ungkapan perkenalan.
5. Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal tentang sistem kalender dan waktu, pemaparan jati diri, dan
ungkapan perkenalan pada
buku Bahasa Inggris 1A dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat
rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
4. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
D. Alat dan Bahan
1. Alat : Kamus bahasa Inggris
2. Sumber belajar : - Buku
paket
- Buku
lain yang relevan
- Buku Bahasa
Inggris 1A
E. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis dan tugas individu
2.
Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.
Instrumen/soal :
Make
a Bob’s identity card based on the information from dialog below!
Bob : My name is Bob Marrison.
Michael : Where do you live?
Bob : I live at Nangka Street 56, Sukoharjo.
Michael : How old are you?
Bob : I am fourteen. I was born on 25th December 2000.
Michael : So, you are a student here, right? And
your return day is special day for Christian.
Bob : Yes. You’re right. But, I am Moslem.
Michael : Oh…do you live with your parents?
Bob : Yes.
Michael : What is your hobby?
Bob : I like swimming.
Michael : May I have your phone number? May be
someday we can swim together.
Bob : Of course. 082 234 789
Michael : I will text you soon. I am glad to know
you, Bob. Bye bye Bob.
Bob : Me too. Bye
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
…………………………………
Guru Mata
Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Unit 3 I Live in a Beautiful House
Kompetensi
Inti : - Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
-
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
-
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar: - Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
-
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
-
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
-
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
-
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat
dengan kehidupan siswa sehari-hari.
-
Memahami
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
- Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat
dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-
Menangkap
makna lagu.
Indikator : -
Memahami pentingnya mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
- Memahami dan menunjukkan sikap
santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan sekitar
baik di rumah maupun di sekolah
- Memahami dan menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman
- Memahami dan menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
- Memahami tentang nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan
- Memahami dan mengungkapakan fungsi
dan unsur kebahasaan lagu
- Menulis teks tentang binatang,
benda dan bangunan
- Mengungkapakan bagaimana menanyakan
tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
- Menulis teks yang mengandung simple
present tense
- Memahami makna lagu
Alokasi
Waktu : 24 jam pelajaran (12
x pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami tentang nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan
-
Siswa
dapat memahami makna lagu
-
Siswa dapat mengungkapakan
bagaimana menanyakan tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
-
Siswa
dapat menulis teks yang
mengandung simple present tense
Karakter siswa yang diharapkan:
- Bekerja sama, disiplin,
percaya diri, dan toleran
B. Materi Pembelajaran
I
live in a beautiful house
Pertemuan
Ke-25 s.d. 36
1. Kinds of animal
a. Wild animal : A wild animal lives in its natural environment. Example:
tiger, lion, and crocodile.
b. Tame animal : Tame animals are animal that it is not wild and not
frightened of people. Example: cat,
rabbit, and chicken.
Expressions Responses
-
What is it? -
It is a/an ....
-
What is that? -
That is a/an ....
-
What are those? - Those are ....
-
What is this? -
This is a/an ....
-
What are these? - These are ....
-
What are they? - They are ....
That/This
+ is + a + singular noun
Those/These
+ are + plural noun
|
2. Things around us
- Things in the bedroom :
pillow, bolster, bed.
- Things in the bathroom :
soap, shampoo, bathtub.
- Kitchen :
frying pan, pan, stove.
- Living room :
table, sofa, chair.
- School :
whiteboard, board marker, chair
Expression to ask the number of something Response
-
How many … do you have? -
I have … (countable noun)
-
How many … are there? - There are …
(countable noun)
-
How much … is
there? -
There is … (uncountable noun
Article
|
Function
|
Example
|
a or an
|
The article a/an is
used when we don't specify the things or people we are talking about.
|
a dog,
a pilot, an engineer, an elephant
|
The
|
It's used when the speaker talks about a
specific object that both the person speaking and the listener know.
|
- The car
over there is fast.
- The president of the United States is
giving a speech tonight.
|
3. Public places
Public places are the buildings around us to
do the daily activities, such as schools, hotels, hospitals, etc. The public
places have the different functions. People work in those places based on their
jobs.
Here
are some professions of people who work in the public places:
- Postman is a man who takes and brings letters
and parcels as a job.
- Policeman/policewoman is a man/woman who
is a member of the police.
- Teacher is someone whose job is to teach
in a school, college, etc
- Seller is someone who sells something
- Doctor is a person whose job is to treat
people who have an illness or injury
4. Simple
present tense
Formula:
§ Positive
(+)
I/You/We/They +Verb1+Object
He/She/It+Verb1(-s/-es)+Object
§ Negative
(-)
I/You/We/They+Do+Not+Verb1+Object
He/She/It+Does+Not+Verb1+Object
§ Interrogative
(?)
Do+I/You/We/They+Verb1+Object?
Does+He/She/It+Verb1+Object?
Example:
(+) He speaks English fluently.
(-) He doesn’t speak English fluently.
(?) Does he speak English fluently?
Time marker:
- Every
day - Usually
- On
Sunday - Often
-
Always - Sometimes
|
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri,
dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-25 s.d. 36
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diberi pemahaman tentang nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan umum, dan grammar
Motivasi:
Memotivasi
akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memahami I live in a beautiful house
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1. Guru memberikan informasi agar
siswa dapat memahami pengertian tentang nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan umum, dan grammar
2. Guru memberikan informasi agar
siswa dapat memahami maksud dan tujuan menyebutkan dan merespons nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan umum, dan makna grammar
3. Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bekerja
sama, disiplin, percaya diri, dan toleran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1. Dengan berdiskusi dan tanya
jawab, siswa diajak menjelaskan pengertian tentang nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan umum, dan grammar
2. Dengan metode inkuiri, melalui
contoh siswa diajak menjelaskan maksud dan tujuan menyebutkan dan merespons nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan umum, dan makna grammar
3. Dengan praktik, siswa dapat
membuat contoh teks tentang binatang, benda, dan bangunan, dan memahami
makna grammar
4. Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan umum, dan grammar pada buku
Bahasa Inggris 1A dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat
rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
4. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Alat dan Bahan
1. Alat : Kamus bahasa Inggris
2. Sumber belajar : -
Buku paket
- Buku
lain yang relevan
- Buku Bahasa
Inggris 1A
F. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis dan tugas individu
2.
Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.
Instrumen/soal :
Complete
this paragraph by choosing the words in the brackets!
Andrea
Wardana and Dewi Lesmana (live/lives) in Jakarta. Andrea Wardana is a
(writer/writes). He writes many novels. His novel always (become/becomes) best
seller in Indonesia. He is 35 years old. Meanwhile, Dewi Lesmana is a pop
(singer/sing). She (have/has) a beautiful voice. She (are/is) 28 years old.
They (has/have) two daughters. They (is/are) Kinan Larasati and Gina Monica.
Kinan is 12 and Gina is 8. Kinan has chubby cheek. She is short and has curly
hair. She is cute. Gina is tall and thin. She has straight hair. They usually
have dinner together on the weekend. They are happy family.
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
…………………………………
Guru Mata
Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|
Klik link ini untuk mendapatkan file PDF
Klik link ini untuk mendapatkan file ms Word