Panduan Menggunakan Maktabah Shamela



kali ini saya akan sharing tentang maktabah shamela. memang saya bukanlah orang yang sangat mahir dalam menggunakan maktabah shamela namun saya sudah familier menggunakan software himpunan ribuan hadis yang luar biasa ini.

saya adalah mahasiswa sebuah PTAIN. pada saat dosen mata kuliah tafsir hadis memberikan tugas mengenai takhrij hadis, saya menggunakan software maktabah syamela iniuntuk mentahrij sebuah hadis. sangat mudah dan hasilnya memuaskan dosen (alhamdulillaahh...heheh ).
melihat hasil kerjaan saya diterima oleh dosen teman-teman saya penasaran dan menanyakan sumber takhrij hadis tersebut. saya memberikan saran pada mereka mencari menggunakan software hadis sembilan imam atau menggunakan maktabah syamela ini. karna maktabah syamela ini software himpunan hadis yang berbahasa arab full banyak teman-teman yang bertanya cara penggunaanya. maka dari itu kali ini saya akan berbagi sedikit yang saya ketahui mengenai maktabah shamela. ya... walaupun sedikit mudah-mudahan bermanfaat. amiin...

berikut ini adalah tampilan utama maktabah shamela



adapun fungsi dari masing-masing tombol yang ada di bagian atas dekstop shamela adalah sebagai berikut.


 Setting Maktabah Sاamilah. Berisi berbagai pengaturan seperti pemilihan font, warna font, warna layar, gambar latar belakang dan lain-lain.

 Digunakan untuk meng-update koleksi kitab Maktabah Sاamilah dari situs resminya. Vitur ini hanya tersedia di versi 3 yang terkoneksi dengan internet. Ketika diklik maka akan muncul pilihan kitab-kitab baru yang belum ada dalam koleksi Anda. Tandai/centang kitab yang hendak didownload.


 Untuk menampilkan data kitab yang terpilih/terbuka yang meliputi informasi pengarang, jumlah jilid, penerbit, tahun penerbitan dan keterangan lain seperti cocok tidaknya kitab tersebut dengan versi aslinya/versi cetaknya. Informasi seperti ini penting bagi anda yang berniat menjadikan Maktabah Syamilah sebagai referensi karya ilmiah. Untuk standart ilmiah, sebaiknya pilih kitab yang penyusunan halamannya sesuai dengan versi cetak (muwafiq lil mathbu‘).



 Digunakan untuk meng-ekstrak kitab yang menjadi koleksi Maktabah Syamilah ke dalam format lain untuk dibagikan atau dicetak. Format yang didukung antara lain: .bok,  .txt, .doc dan .pdf. (Caranya dijelaskan di bawah).



Copy dan Paste. Untuk mengcopy teks tertentu, gunakan tombol ini agar rujukannya disertakan dalam teks yang di-copy.





 Membuka panel pengarang. Untuk mengakses data para penulis kitab yang ada dalam koleksi Maktabah Syamilah.


 Membuka panel Ghurfat al-Tahakkum yang memungkinkan anda mengatur konten Maktabah Syamilah, semisal menghapus kitab, merubah kategori dan pengaturan lain-lain.


 untuk menuliskomen ataukoreksi



  Impor kitab ke dalam koleksi Maktabah Syamilah. Digunakan untuk mengintegrasikan kitab baru yang didapat dari komputer lain atau didownload dari internet ke dalam Maktabah Syamilah. (Caranya dijelaskan di bawah).


 Membuka panel profil. Bila anda memblok suatu nama yang ada dalam sanad hadith kemudian anda mengklik tombol ini, maka akan muncul profil nama tersebut dengan lengkap beserta komentar para ahli takhrij tentangnya.


 Menampilkan versi pdf dari kitab yang sedang dibuka. Hanya berlaku bagi kitab yang didownload dari situs resminya dan telah di link ke file versi pdf-nya.


 Menampilkan takhrij hadith. Hanya berlaku bagi kitab yang didownload dari situs resminya dan telah di link ke kitab syarahnya.


 untuk membuka sarah suatu hadis


 Membuka panel al-Qur’an. Panel tersebut menampilkan alquran yang anda inginkan. Di panel bagian atas terdapat daftar kitab tafsir yang terinstal dalam koleksi Maktabah Shamilah anda. Ketika membuka suatu ayat tertentu kemudian salah satu judul kitab tafsir tersebut diklik, maka akan tampil tafsir ayat yang dimaksud dalam tafsir tersebut dalam versi tampilan mini.



 Navigasi halaman. halaman pertama, halaman berikutnya, halaman sebelumnya, halaman terakhir.





 Menampilkan daftar hasil pencarian yang tersimpan.


Membuka hasil pencarian terakhir. Bila sebelumnya anda melakukan pencarian kata kunci tertentu, maka tombol ini berfungsi menampilkan hasil pencarian tersebut tatkala Maktabah Shamilah dihidupkan ulang.


 Pencarian kata kunci tertentu dalam koleksi kitab Maktabah Shamilah (Caranya akan dibahas di bawah).


 Pencarian kata tertentu dalam al-Qur’an



 Melakukan pencarian kata tertentu dari halaman yang sedang aktif/terbuka. (anda memasukan kata-kata yang anda cari pada kolom di sebelah kanannya)


 Menutup sebuah kitab/layar yang aktif.



 Membuka dan menutup daftar indeks sebuah kitab yang sedang dibuka.



 Membuka kitab dalam versi penuh. Sebuah kitab biasanya ditampilkan dalam versi mini  (muncul dalam layar yang agak sempit karena adanya menu-menu lain)


Membuka daftar kitab yang tersedia dalam Maktabah Syamilah Anda. Bisa juga diakses dengan cara mengklik gambar muka Maktabah Syamilah. Di bagian bawah tersedia kotak pencarian nama judul kitab.





keywords: cara menggunakan maktabah shameela, maktabah shamela, fungsi tombol-tombol maktabah shamela, bantuan maktabah shamela, feature maktabah shamela, bahasa arab maktabah shamela, shameela, maktabah shameela, maktabah syamela. belajar maktabah shamela, software untuk mencari hadis, ribuan hadis dengan mudah.

We will email you when we have a new update: