RPP explanation









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  : SMA Negri 2 Kediri
Mata pelajaran       : Bahasa Inggris
Kelas / Semester    : X MIA 1 / II
Materi pokok         : Teks explanation (Writing)
Alokasi waktu       : 2x45’’

A.    Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar:

1.1         Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk komunikasi internasional.
1.2         Memiliki sikap kerjasama dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.11     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks explanation tentang gejala alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13     Menyunting teks berbentuk explanation dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tersebut.
4.14     Menyusun teks explanation tulis tentang gejala alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

C.    Indikator:
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Menunjukan perilaku kerja sama dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengidentifikasi fungsi sosial dari teks Explanation.
4.      Mengidentifikasi struktur teks dari teks Explanation.
5.      Mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks Explanation sesuai konteks penggunaannya.
6.      Mencocokkan gambar dengan keterangannya.
7.      Menyusun kalimat Explanation acak.
8.      Menyusun paragraf Explanation acak.
9.      Membuat teks Explanation tertulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

D.    Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat:
1.      mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      menunjukan perilaku kerja sama dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      mengidentifikasi fungsi sosial dari teks Explanation.
4.      mengidentifikasi struktur teks dari teks Explanation.
5.      mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks Explanation sesuai konteks penggunaannya.
6.      mencocokkan gambar dengan keterangannya.
7.      menyusun kalimat Explanation acak.
8.      menyusun paragraf Explanation acak.
9.      membuat teks Explanation tertulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

E.     Materi Pembelajaran:
1.      What is explanation text ?
Explanation text is a piece of writing that gives straightforward information. It explains the processes related to the formation of natural, social, scientific, and cultural phenomena.
Examples of explanation texts : Reports on natural phenomena, articles on scientific inventions, documentary films.

2.      Communicative Purposes
·         To enable the readers to understand the processes involved in the formation or the working of a phenomenon.
·         To explain process of natural, social, scientific, and cultural phenomena

3.      The organization of an explanation text
An explanation text can have as many paragraphs as the writer wants. However, it mainly consists of two parts: general statement and explanation.
a.       General statement
è This part presents the subject that is going to be explained.
b.      Explanation
è The supporting paragraphs are known as explanation. The explanation statements are in chronological order to illustrate how the subject came into existence or how it works.

4.      The grammatical features related to explanation texts
* Simple Present Tense (current facts)
* Passive voice
* Action verbs
* Punctuation
* Conjunction of time and cause effect
* Adverbial Phrases
* Noun Phrases
* Technical Terms
* General and Abstract Nouns


F.     Metode Pembelajaran:
·         Pendekatan scientific
·         Metode: Cooperative learning.

G.    Media, alat dan sumber pembelajaran:
1.      Media                          : Video
2.      Alat                             : Laptop, Loudspeaker, Papan Tulis dan Infocus
3.      Sumber Pembelajaran : Buku “Pathway to English”

4.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran:
Kegiatan
Lagkah-langkah kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Salam dan berdoa bersama
2.      Memberikan motivasi sesuai dengan materi yang akan dipelajari
3.      Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari sebagai pengantar dan menyampaikan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik setelah mempelajari materi tersebut.
5’
Inti
Mengamati
·      Dalam kelompok, siswa menonton video explanation tentang gejala alam.
·      Dalam kelompok, guru meminta siswa mengamati contoh teks deskriptif yang ada dalam buku (tertulis) dan membandingkannya dengan tayangan di video. (Task 1)

4

Menanya
·    Dalam Kelompok, siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari explanation kemudian mengisi form yang telah disediakan. (Task 2)
12

Mengeksplorasi
·      Dalam Kelompok siswa mencocokkan gambar siklus penomena alam dengan explanation-nya. (Task 3)

6

Mengasosiasi
·      Secara kelompok Siswa menyusun kalimat acak sebuah paragraf explanation teks. (Task 4)
·      Siswa secara berkelompok menyusun paragraf-paragraf acak menjadi sebuah explantioan teks yang urut. (Task 5)

10


10’

Mengomunikasikan
·      Siswa secara individu menulis sebuah explanation teks sesuai tema yang ditentukan. (Task 6)
·      Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
20
Penutup
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang sudah terlaksana.
2.      Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk selalu bersyukur kepada Tuhan dan mempunyai cara berfikir yang saintifik.
3.      Guru emberikan apresiasi terhadap peserta didik yang aktif.
5’




A.    Penilaian
1.      Jenis/Teknik penilaian
·      Sikap   à melalui rubrik pengamatan sikap selama pembelajaran
·      Pengetahuan à tulis
·      Keterampilan à menyusun draft teks Explanation

2.      Bentuk instrument
Instrument penilaian sikap
(“terlampir”)



[ here: Student worksheet Explanation. ]


 Lembar Penilaian Sikap Kerjasama
Class               : X MIA 1 / II
no
induk
nama
sikap kerjasama
ket.
1
17453
Adelia fransiska


2
17458
Adis farady


3
17462
Aditya saktiawan widhiantara


4
17468
Akbar ramadhan


5
17475
Ananda agnestasia


6
17484
Annisha firdaus shaffira


7
17489
Arina desinta rahmawati


8
17496
Ayunita purbaningsih


9
17500
Belia novalia


10
17501
Bella ayu septianingtias


11
17535
Dinda putri novellya permata hati


12
17551
Enrico kuswahyuliawan


13
17553
Erin windayawulan


14
17554
Ermid puni wardani wardani


15
17562
Fahrizal surya nanda


16
17563
Falihah farid nazario


17
17586
Granatabror marzuq mushoddaq


18
17595
Havizh esa amalda


19
17602
Ibnu kresno wibowo


20
17611
Indrihana kharismaning larasati


21
17626
Latifatul khusnah


22
17638
H. Keen fikri aly


23
17642
Mardha hawa


24
17645
Maulana ramadhan


25
17655
Mochammad izza fahmi nugraha


26
17669
Muhammad bela ariawan pamuji


27
17680
Nada farah amrudhia


28
17685
Natasya febriana


29
17711
R. Ristianto yoga pratama


30
17716
Rahmana dela agustina


31
17741
Salsabilla wahida irfani


32
17765
Suci rahayu


33
17767
Sylraini pramono putri


34
17768
Tara audina


35
17784
Yoga perdana refrizha santoso


            Keterangan:
1: sangat kurang
2: kurang konsisten
3: mulai konsisten
4: konsisten
5: selalu konsisten



Lembar Penilaian Evaluasi Explanation Teks Writing
Class               : X MIA 1 / II
No
Nama
Aspect of evaluation
Structure of text
Grammar & Vocab
Development of ideas
Mechanics (Capitalization, punctuation)
Total
1
Adelia fransiska





2
Adis farady





3
Aditya saktiawan widhiantara





4
Akbar ramadhan





5
Ananda agnestasia





6
Annisha firdaus shaffira





7
Arina desinta rahmawati





8
Ayunita purbaningsih





9
Belia novalia





10
Bella ayu septianingtias





11
Dinda putri novellya permata H.





12
Enrico kuswahyuliawan





13
Erin windayawulan





14
Ermid puni wardani wardani





15
Fahrizal surya nanda





16
Falihah farid nazario





17
Granatabror marzuq mushoddaq





18
Havizh esa amalda





19
Ibnu kresno wibowo





20
Indrihana kharismaning larasati





21
Latifatul khusnah





22
H. Keen fikri aly





23
Mardha hawa





24
Maulana ramadhan





25
Mochammad izza fahmi N.





26
Muhammad bela ariawan P.





27
Nada farah amrudhia





28
Natasya febriana





29
R. Ristianto yoga pratama





30
Rahmana dela agustina





31
Salsabilla wahida irfani





32
Suci rahayu





33
Sylraini pramono putri





34
Tara audina





35
Yoga perdana refrizha santoso










Student worksheet Explanation.

We will email you when we have a new update: