RPP Matematika Kelas 7 semester 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Bab 1 Himpunan
Kompetensi Inti : - Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
-
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
-
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar : - Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan
teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah
- Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan
pada Matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan Matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar
- Menjelaskan pengertian
himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan
contoh
Indikator : - Memahami,
menghargai, dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Memahami dan menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertang-gung jawab, responsif dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah
- Memahami dan memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada Matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
Matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
- Menyatakan
masalah sehari-hari ke dalam bentuk himpunan serta mendata anggotanya
- Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan serta
notasinya
- Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga
- Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya
- Menentukan himpunan bagian serta menentukan banyaknya
himpunan bagian suatu him-punan
- Memahami pengertian himpunan semesta, serta dapat
menyebutkan anggotanya
- Menjelaskan pengertian irisan, gabungan, dan selisih dua
himpunan
- Mengenal diagram Venn
- Menyajikan irisan dan gabungan suatu himpunan dalam
diagram Venn
- Menyelesaikan masalah yang menggunakan konsep himpunan
Alokasi Waktu : 20 jam
pelajaran (10 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa
dapat menyatakan masalah sehari-hari ke dalam bentuk himpunan serta mendata
anggotanya
- Siswa dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota
himpunan serta notasinya
- Siswa dapat mengenal himpunan berhingga dan tak
berhingga
- Siswa dapat membedakan himpunan kosong dan nol
serta notasinya
- Siswa dapat menentukan himpunan bagian serta menentukan
banyaknya himpunan bagian suatu himpunan
- Siswa dapat memahami pengertian himpunan semesta,
serta dapat menyebutkan anggotanya
- Siswa dapat menjelaskan pengertian irisan,
gabungan, dan selisih dua himpunan
- Siswa dapat mengenal diagram Venn
- Siswa
dapat menyajikan irisan dan gabungan suatu himpunan dalam diagram Venn
- Siswa
dapat menyelesaikan masalah yang menggunakan konsep himpunan
Karakter siswa yang
diharapkan:
- Disiplin, kreatif, kritis, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab
B. Materi
Pembelajaran
Himpunan
Pertemuan Ke-1 s.d. 10
1.
Nama suatu himpunan biasanya dinotasikan dengan huruf besar
(kapital) seperti A, B, C, dan seterusnya. Sedangkan anggota himpunan
menggunakan huruf kecil seperti a, b, c,
dan seterusnya dan ditulis di dalam
tanda kurung kurawal {...} dengan setiap anggota himpunan
dipisahkan dengan tanda koma (,).
2. Apabila diketahui
suatu himpunan A, maka banyaknya anggota dari himpunan A dinotasikan dengan
n(A).
3. Terdapat tiga cara
untuk menyatakan suatu himpunan yaitu: dengan kata-kata, dengan mendaftar
anggotanya, dan dengan notasi pembentuk himpunan.
4. Beberapa himpunan
bilangan
a. A = himpunan
bilangan asli = {1, 2, 3, 4, ...}
b. B = himpunan
bilangan bulat = {..., -2, -1, 0, 1, 2, ...}
c. C = himpunan
bilangan cacah = {0, 1, 2, 3, 4, 5, ...}
d. P = himpunan
bilangan prima = {2, 3, 5, 7, 11 ...}
5. Himpunan berhingga
merupakan suatu himpunan dengan banyak anggotanya berhingga (banyaknya
terbatas).
6. Himpunan tak
berhingga merupakan suatu himpunan dengan banyak anggotanya tak berhingga
(sangat banyak), dan dilambangkan dengan “¥”.
7. Himpunan kosong
adalah himpunan yang tidak memiliki anggota dan dinotasikan dengan { } atau f.
8. Himpunan nol adalah
himpunan yang hanya memiliki 1 anggota, yaitu nol (0).
9. Himpunan semesta
atau semesta pembicaraan adalah himpunan yang memuat semua anggota atau objek
himpunan yang dibicarakan. Himpunan semesta (semesta pembicaraan) biasanya
dinotasikan dengan S.
10. Himpunan A merupakan
himpunan bagian B, apabila setiap anggota A juga menjadi anggota B dan dinotasikan
A Ì B atau B É A.
11. Himpunan A bukan
merupakan himpunan bagian B. Apabila terdapat anggota A yang bukan anggota B
dan dinotasikan A Ë B.
12. Banyaknya himpunan
bagian dari suatu himpunan adalah 2n, di mana n adalah banyaknya
anggota himpunan tersebut.
13. Dua himpunan A dan B dikatakan
tidak saling lepas (berpotongan) jika A dan B mempunyai anggota persekutuan,
tetapi masih ada anggota A yang bukan anggota B dan ada anggota B yang bukan
anggota A.
14. Dua himpunan
dikatakan sama, apabila kedua himpunan yang mempunyai anggota yang tepat sama.
15. Dua himpunan A dan B
dikatakan ekuivalen apabila n(A) = n(B).
16. Anggota persekutuan dua himpunan
disebut irisan dua himpunan, dinotasikan dengan "Ç" (dibaca irisan atau
interseksi). Irisan himpunan A dan B dinotasikan A Ç B = {x | x Î A dan x Î B}.
17. Menentukan irisan dua himpunan
a. Jika A Ì B, maka A Ç B = A dan berlaku
juga sebaliknya.
b. Jika A = B, maka A Ç B = A = B
c. Himpunan A dan B dikatakan tidak
saling lepas (berpotongan) jika A dan B mempunyai sekutu, tetapi masih ada
anggota A yang bukan anggota B dan ada anggota B yang bukan anggota A.
18. Gabungan A dan B dapat dituliskan: A È B = {x | x Î A atau x Î B}.
19. Menentukan gabungan
dua himpunan
a. Jika A Ì B, maka A È B = B
b. Jika A = B, maka A È B = A = B
c. Kedua himpunan tidak
saling lepas (berpotongan).
20. Banyaknya anggota
dari gabungan dua himpunan dirumuskan dengan: n(A È B) = n(A) + n(B) - n(A Ç B).
21. Selisih himpunan A dan B adalah himpunan yang anggotanya semua
anggota dari A tetapi bukan anggota dari B. Dinotasikan A - B atau A\B: A - B = {x | x
Î A, x Ï B} B - A = {x | x Î B, x Ï A}
22.
Komplemen himpunan A adalah
suatu himpunan yang anggota-anggotanya merupakan anggota S tetapi bukan anggota
A. Ac = {x | x Î S dan x Ï A}.
23.
Sifat-sifat operasi himpunan
a.
Sifat-sifat irisan dan gabungan
himpunan
-
Sifat komutatif irisan: A Ç B = B Ç A
-
Sifat asosiatif irisan: (A Ç B) Ç C = A Ç (B Ç C)
-
Sifat identitas irisan: A Ç S = A
-
Sifat komplemen irisan: A Ç Ac = Æ
-
Untuk setiap himpunan A, B, dan
C berlaku A Ç (B È C) = (A Ç B) È (A Ç C)
b.
Sifat-sifat selisih himpunan
-
Untuk setiap himpunan A, B, dan
C berlaku A - (B Ç C) = (A - B) È (A - C)
-
Untuk setiap himpunan A, B, C
berlaku A - (B È C) = (A - B) Ç (A - C)
24. Himpunan dapat dinyatakan dalam bentuk gambar yang dikenal sebagai
diagram Venn.
25.
Dalam membuat diagram Venn yang
perlu diperhatikan, yaitu:
a.
Himpunan semesta (S)
digambarkan sebagai persegi panjang dan huruf S diletakkan di sudut kiri atas
persegi panjang.
b.
Setiap himpunan yang
dibicarakan (selain himpunan kosong) ditunjukkan oleh kurva tertutup.
c.
Setiap anggota ditunjukkan
dengan noktah (titik).
d.
Bila anggota suatu himpunan
banyak sekali, maka anggota-anggota tidak dituliskan.
C. Metode
Pembelajaran
Diskusi
kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 10
Pendahuluan
Apersepsi :
Siswa diberi pemahaman tentang himpunan
Motivasi :
Memotivasi
akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami himpunan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi:
1. Guru memberikan informasi agar siswa dapat
memahami himpunan
2. Guru memberikan informasi agar siswa dapat
mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga
3. Guru memberikan informasi agar siswa dapat
mengenal himpunan kosong dan himpunan nol
4. Guru memberikan informasi agar siswa dapat
menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
5. Guru memberikan informasi agar siswa dapat
memahami himpunan semesta dan menyebutkan anggotanya
6. Guru memberikan informasi agar siswa dapat
menjelaskan pengertian irisan, gabungan, dan selisih dua
himpunan
7. Guru memberikan informasi agar siswa dapat
mengenal diagram Venn
8. Guru memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara disiplin,
kreatif,
kritis, mandiri,
rasa
ingin tahu, dan tanggung jawab
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi:
1.
Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diminta
memberikan contoh himpunan
2.
Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diminta
menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
3.
Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diminta
menentukan himpunan semesta dan menyebutkan anggotanya
4.
Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diminta
menentukan irisan, gabungan, dan selisih dua himpunan
5.
Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diminta
menyajikan masalah himpunan ke dalam diagram Venn
3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal
tentang himpunan pada buku Matematika 1A
dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru,
siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru
melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
4. Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Alat dan Bahan
1. Alat : -
2. Sumber
belajar : -
Buku paket
- Buku lain yang
relevan
- Buku Matematika 1A
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk
instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
1. .... Nyatakan himpunan-himpunan berikut
dengan notasi pembentuk himpunan!
a. {3, 5, 7, 9, 11, 13, 15}
b. {kutilang, jalak, beo, cocak, kakak tua}
c. {A, B, AB, O}
2. Diketahui: L = {m, u, r, i}. Tulislah himpunan bagian dari himpunan L yang
mempunyai:
a. Dua anggota
b. Tiga anggota
3. Sebutkan dua semesta
pembicaraan yang mungkin dari himpunan berikut ini!
a. {a, i, u, e, o}
b. {mobil, pesawat, kapal}
c. {apel,
jeruk, stroberi}
4. Jika diketahui S = {x | x < 9, x bilangan cacah}, A = {1, 3, 5, 7}, dan B =
{2, 4, 6}. Tentukan:
a. Ac dan Bc
b. (A È
B)c dan (A Ç
B)c
c. n(A), n(B)
dan n(A È
B)
d. A - B dan
B – A
5. Dari 40 siswa di kelas, diketahui 25 siswa suka
Matematika dan 15 siswa suka Bahasa Inggris. Jika 12 orang suka kedua-duanya,
maka berapa siswa yang tidak suka Matematika dan Bahasa Inggris!
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
…………………………………
Guru Mata
Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|
Download file versi PDF
Download file versi Word
keywords; RPP MTK, RPP Matematika, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, RPP Mmatematika kelas 1 smp, kelas 7 smp, kelas 7 MTS