RPP SMP/MI Kelas 8 k13 semester 1 pay atention
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Pay
Attention, Please …
Kompetensi Inti : -
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
-
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
-
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar : - Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian,
mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan
pendapat, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
-
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan keberadaan orang,
benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu, sesuai dengan konteks
penggunaannya
-
Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam lagu
-
Menyusun teks lisan sederhana untuk
mengucapkan dan merespons ungkapan meminta
perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan memerhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
-
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keberadaan orang, benda, binatang dalam
jumlah yang tidak tertentu, dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
-
Menangkap makna lagu
|
Indikator : - Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan meminta perhatian, me-ngecek
pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan meng-ungkapkan
pendapat
-
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
uncountable noun
-
Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam lagu.
-
Menyusun teks lisan sederhana dari ungkapan
meminta perhatian, mengecek pemahaman,
dan menghargai kinerja yang baik
-
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang uncountable
noun
-
Menangkap makna lagu
|
Alokasi Waktu : 24 jam pelajaran (12 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami ungkapan meminta dan
memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat
- Siswa dapat memahami uncountable noun
- Siswa dapat memahami makna lagu
Karakter siswa yang
diharapkan:
- Bertanggung
jawab, disiplin, jujur, percaya diri, peduli, dan sopan,
B. Materi Pembelajaran
Pay
attention, please …
Pertemuan Ke-1 s.d. 12
1. Expressions of attention
Attention
is a special care, treatment or consideration. Here are the expressions.
Expressions of giving attention
|
Oh,
really?
It’s
amazing
Is
he? (Did he?, Was she?, Are you?
Oh
poor creature
|
2.
Expressions of understanding
Understanding is knowledge about a subject, situation, etc. or about
how something works. Here are some expressions and responses we can use.
Expressions
|
Reponses
|
Do you understand?
Don’t you understand?
Do you understand what I’ve said?
|
Yes, I do
Yes, of course
I do understand
|
3.
Expressions of appreciation
Appreciation is when you recognize or understand that something is
valuable, important or as described. Here are the expressions we can use.
|
4.
Expressions of opinion
Opinion is a thought or belief about something or
someone. Here are some
expressions to express opinion and its responses.
Expressions to Ask for Opinion
|
Responses
|
- How do you see …?
- What is your opinion about … ?
- What do you think of … ?
- How do you feel about ... ?
- What is
your feeling about?
- What is
your reaction to … ?
- How do
you think of … ?
|
- I think …
- I believe …
- I feel …
- It seems to me …
- I
personally think …
- In my
opinion, …
- I’m
convinced that …
|
5.
Uncountable noun
An uncountable
noun is a noun which doesn’t have plural from and cannot be used with “a”, “an”
or “one”.
Uncountable nouns are, for example:
gold music blood excitement water
Some nouns are usually uncountable in English but often countable in
other languages. Here are the most important of these:
|
C. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 12
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diberi pemahaman tentang dasar ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta uncountable
noun
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan
baik, untuk membantu siswa dalam memahami pay
attention, please …
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1. Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami pengertian ungkapan meminta
dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta uncountable
noun
2. Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami kegunaan ungkapan meminta
dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta uncountable
noun
3. Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami contoh ungkapan meminta
dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta uncountable
noun
4. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bertanggung
jawab, disiplin, jujur, percaya diri, peduli, dan sopan,
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak menjelaskan pengertian ungkapan
meminta
dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta uncountable
noun
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diajak memahami kegunaan ungkapan
meminta
dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta uncountable
noun
3. Dengan praktik, siswa dapat memahami dan meneladani contoh ungkapan meminta
dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta uncountable
noun
4. Dengan praktik, siswa dapat menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa
dalam kehidupan sehari-hari
5. Dengan diskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami ungkapan sapaan,
pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf dalam kehidupan sehari-hari
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang ungkapan meminta
dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta uncountable
noun dalam buku Bahasa Inggris 2A
dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk
membuat rangkuman materi
2. Siswa dan
guru melakukan refleksi
3. Guru
memberikan tugas rumah (PR)
4. Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program
pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Alat
dan Bahan
1. Alat : Kamus
bahasa Inggris
2. Sumber belajar : - Buku
paket
- Buku lain yang
relevan
- Buku Bahasa
Inggris 2A
F. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis dan tugas individu
2. Bentuk
instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
Arrange
the sentences into good dialog!
Jaden : I think that’s very wonderful festival. We
can meet each other and our environment especially our sea
will
be good.
Will :
As I see it, you are not true. The committee do the different thing for this
festival every year. There
are many
artist and events in the festival. In 2013, the committee of this festival
invited one of the famous bands in Indonesia. Did you know who?
Jaden : Yes, I have. I knew it from internet. It
is about bay festival, right?
Will : There is a theater performance by the
Jailolo children in “Cabaret on the Sea” which tell about the
philosophical
story with the charming musical and big stage which floats on the sea. Besides,
there
are
many events like fishing, row against, swimming, netting the rubbish and
electing the nautical
ambassador.
What do you think about that?
Jaden : Of course. I want to go there.
Will :
Have you ever heard about Jailolo festival?
Jaden : What a positive they are! Then, what else?
Will :
That’s right. It is held in Halmahera island. What are your thoughts on this
festival?
Jaden : Yes I knew. It was Noah band. What did
they do?
Will :
Are you interested with that?
Jaden : I
know that it is the yearly festival. I think it will be very boring because
every year we will look the
same event.
Will :
They not only sang but also went down to the sea. They campaigned to plant
mangrove, too.
The previous year there were no bands like
this.
Will : Let’s
find the information about it to this year.
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
…………………………………
Guru Mata
Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|