RPP SMP/MI Kelas 8 k13 semester 1 pay atention






Mata Pelajaran      :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester     :  VIII/1
Satuan Pendidikan   :           SMP/MTs

Pay Attention, Please … 


Kompetensi Inti    :           -    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
-       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
-       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
-       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar   :    -   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
-       Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya
-       Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
-       Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespons ungkapan meminta  perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
-       Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu, dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
-       Menangkap makna lagu
Indikator                :           -     Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan meminta perhatian, me-ngecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan meng-ungkapkan pendapat
-       Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan uncountable noun
-       Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
-       Menyusun teks lisan sederhana dari ungkapan meminta  perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik
-       Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang uncountable noun
-       Menangkap makna lagu
Alokasi Waktu      :        24 jam pelajaran (12 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

-     Siswa dapat memahami ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat
-     Siswa dapat memahami uncountable noun
-     Siswa dapat memahami makna lagu
Karakter siswa yang diharapkan:
-     Bertanggung jawab, disiplin, jujur, percaya diri, peduli, dan sopan,

B.    Materi Pembelajaran

      Pay attention, please …
        Pertemuan Ke-1 s.d. 12
1. Expressions of attention
       Attention is a special care, treatment or consideration. Here are the expressions.

Expressions of giving attention
Oh, really?
It’s amazing
Is he? (Did he?, Was she?, Are you?
Oh poor creature
2. Expressions of understanding
Understanding is knowledge about a subject, situation, etc. or about how something works. Here are some expressions and responses we can use.
Expressions
Reponses
Do you understand?
Don’t you understand?
Do you understand what I’ve said? 
Yes, I do
Yes, of course
I do understand
3. Expressions of appreciation
Appreciation is when you recognize or understand that something is valuable, important or as described. Here are the expressions we can use.

It’s very good of you
I appreciate your … (offering)
Thanks for … (offering)
That’s (very) nice of you
That would be nice        




 
 






4. Expressions of opinion
Opinion is a thought or belief about something or someone. Here are some expressions to express opinion and its responses.

Expressions to Ask for Opinion
Responses
- How do you see …?
- What is your opinion about … ?
- What do you think of … ?
- How do you feel about ... ?
- What is your feeling about?
- What is your reaction to … ?
- How do you think of … ?
- I think …
- I believe …
- I feel …
- It seems to me …
- I personally think …
- In my opinion, …
- I’m convinced that …
5. Uncountable noun
An uncountable noun is a noun which doesn’t have plural from and cannot be used with “a”, “an” or “one”.
Uncountable nouns are, for example:
gold            music                      blood                      excitement              water                                      
Some nouns are usually uncountable in English but often countable in other languages. Here are the most important of these:

accommodation                    bread                      permission             travel                       weather
advice                                     chaos                     progress                                trouble                    work
baggage                                                 furniture                  luggage                  scenery                 
behavior                                 information            news                       traffic                      

 
 




 


C.    Metode Pembelajaran

        Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Ke-1 s.d. 12
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diberi pemahaman tentang dasar ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta  uncountable noun
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami pay attention, please …


Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami pengertian ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta  uncountable noun
2.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami kegunaan ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta  uncountable noun
3.     Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami contoh ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta  uncountable noun
4.     Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bertanggung jawab, disiplin, jujur, percaya diri, peduli, dan sopan,
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1.     Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak menjelaskan pengertian ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta  uncountable noun
2.     Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diajak memahami kegunaan ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta  uncountable noun
3.     Dengan praktik, siswa dapat memahami dan meneladani contoh ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta  uncountable noun
4.     Dengan praktik, siswa dapat menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa dalam kehidupan sehari-hari
5.     Dengan diskusi dan tanya jawab, siswa dapat memahami ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf dalam kehidupan sehari-hari
5.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang ungkapan meminta dan memberi perhatian, pemahaman, dan pendapat serta  uncountable noun  dalam buku Bahasa Inggris 2A dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Penutup

1.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
4.    Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

E.     Alat dan Bahan

1.    Alat                          :      Kamus bahasa Inggris
2.    Sumber belajar        :  -   Buku paket
-   Buku lain yang relevan
-   Buku Bahasa Inggris 2A
F.     Penilaian
1.    Teknik/jenis            :  kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen   :  pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal       :
Arrange the sentences into good dialog!
Jaden   : I think that’s very wonderful festival. We can meet each other and our environment especially our sea
will be good.
Will       : As I see it, you are not true. The committee do the different thing for this festival every year. There
are many artist and events in the festival. In 2013, the committee of this festival invited one of the famous bands in Indonesia. Did you know who?
Jaden    : Yes, I have. I knew it from internet. It is about bay festival, right?
Will        : There is a theater performance by the Jailolo children in “Cabaret on the Sea” which tell about the
philosophical story with the charming musical and big stage which floats on the sea. Besides, there
are many events like fishing, row against, swimming, netting the rubbish and electing the nautical
ambassador. What do you think about that?
Jaden   : Of course. I want to go there.
Will      : Have you ever heard about Jailolo festival?
Jaden   : What a positive they are! Then, what else?
Will         : That’s right. It is held in Halmahera island. What are your thoughts on this festival?
Jaden     : Yes I knew. It was Noah band. What did they do?






Will         : Are you interested with that?
Jaden     : I know that it is the yearly festival. I think it will be very boring because every year we will look the
  same event.
Will         : They not only sang but also went down to the sea. They campaigned to plant mangrove, too.    
  The previous year there were no bands like this.
Will         : Let’s find the information about it to this year.

      
       Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
       Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………………………
Guru Mata Pelajaran



________________________
NIP.




________________________
NIP.

We will email you when we have a new update: