RPP SMK: Menguasai Dasar Rangkaian DC/AC
RPP SMK:
Menguasai Dasar Rangkaian DC/AC
Satuan Pendidikan
: SMK Negeri ... Surabaya
Kelas : Kelas X
Semester
: Semester I
Program Keahlian
: Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik
Mata Pelajaran : Dasar
Kompetensi Kejuruan
Jumlah Pertemuan
: Satu
pertemuan
______________________________________________________________________________
I. Standar Kompetensi : Penerapan Konsep
Dasar Listrik dan Elektronika
II. Kompetensi
Dasar : Menguasai dasar rangkaian dc/ac
III. Indikator
a.
Kognitif
1.
Produk:
a)
Mendeskribsikan pengaruh perubahan tegangan
terhadap arus
b)
Menguasai Hukum Ohm
c)
Menerapkan Hukum Ohm
2.
Proses:
Merancang dan
melaksanakan eksperimen untuk menguji sebuah hipotesis meliputi:
a. merumuskan masalah,
b. merumuskan hipotesis,
c. mengidentifikasi variabel manipulasi,
d. mengidentifikasi variabel respon,
e. mengidentifikasi variabel kontrol,
f. merumuskan definisi operasional varaibel
manipulasi,
g. merumuskan definisi operasional variabel respon,
h. melaksanakan eksperimen,
i. membuat tabel pengamatan,
j. membuat grafik,
k. melakukan analisis data,
l. merumuskan kesimpulan
b.
Psikomotor:
1.
Merakit rangkaian DC sederhana
menggunakan software PhET
2.
Mengukur besaran listrik dalam
rangkaian tertutup menggunakan software PhET
c.
Afektif
1.
Mengembangkan perilaku
berkarakter, meliputi:
a)
jujur,
b)
peduli,
c)
tanggung jawab,
d)
melakukan yang terbaik
2.
Mengembangkan keterampilan sosial,
meliputi:
a)
bertanya,
b)
menyumbang ide atau berpendapat,
c)
menjadi pendengar yang baik,
IV. Tujuan
Pembelajaran:
a.
Kognitif
1.
Produk:
a)
Secara mandiri siswa dapat mendeskribsikan
pengaruh perubahan tegangan terhadap arus sesuai deskripsi yang tercantum pada
Kunci LP 1 Produk.
b)
Secara mandiri siswa mampu
menunjukkan penguasaan Hukum Ohm dengan mengerjakan LP Produk dengan jawaban
sesuai Kunci LP 1 Produk.
c)
Secara mandiri siswa dapat menerapkan
Hukum Ohm dengan mengerjakan soal-soal
penerapan Hukum Ohm pada LP Produk sesuai Kunci LP 1 Produk.
2.
Proses:
a)
Diberikan alat dan bahan dan
LKS SMK LP 2 Proses serta software PhET siswa dapat merancang dan melaksanakan
eksperimen untuk menguji sebuah hipotesis sesuai rincian tugas kinerja yang
ditentukan pada Kunci LKS SMK LP 2 Proses , meliputi: merumusan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel manipulasi, mengidentifikasi variabel
respon, mengidentifikasi variabel kontrol,
merumuskan definisi operasional varaibel
manipulasi, merumuskan definisi
operasional variabel respon, melaksanakan eksperimen, membuat tabel pengamatan, membuat grafik, melakuakn analisis data, merumuskan kesimpulan sesuai Kunci LKS SMK LP 2 Proses.
b.
Psikomotor:
1.
Disediakan software PhET dan
komputer siswa dapat merakit rangkaian DC sederhana menggunakan software PhET
sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3A Psikomotor.
2.
Disediakan software PhET dan
komputer siswa dapat mengukur besaran
listrik dalam rangkaian tertutup sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan
pada LP 3B Psikomotor.
c.
Afektif
1.
Karakter
Terlibat dalam
proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat
Membuat
kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter
meliputi: kejujuran, peduli, tanggung jawab, melakukan yang terbaik diamati
dengan LP 4 Format Pengamatan Perilaku Berkarakter.
2.
Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling
tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya,
menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik diamati dengan LP 5 Format Pengamatan
Keterampilan Sosial.
V. Materi Ajar: Rangkaian listrik dan Hukum Ohm
VI. Alokasi
Waktu: 2 x 45
menit
VII. Model dan Metode Pembelajaran:
Model
Pembelajaran: Model Pembelajaran Kooperatif
Metode
Pembelajaran: Diskusi dan pemberian tugas
VIII. Proses Belajar Mengajar
A. Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Memotivasi siswa dengan merakit rangkaian sederhana menggunakan
software PhET. (Fase 1 MPK)
3.
Mengkomunikasikan tujuan
pembelajaran produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial dan perilaku
berkarakter. (Fase 1 MPK)
|
|
|
|
|
B. Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penggalan 1
1.
Menyajikan informasi berupa rumusan
masalah tentang bagaimanakah hubungan antara tegangan dan arus dengan
mengacu pada LKS SMK: Hubungan Antara Tegangan, Arus, dan Hambatan. (Fase 2
MPK)
2.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan
membagikan LKS SMK itu satu LKS tiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari 2 –
3 siswa. (Fase 3 MPK)
3.
Membimbing siswa merumuskan
hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan di LKS tersebut
dengan cara meminta siswa jujur mengatakan
bila belum dapat merumuskan hipotesis dan meminta siswa pandai peduli membantu teman yang membutuhkan
bantuan. (Fase 4 MPK)
4. Mengacu Kunci LKS SMK itu, membimbing
siswa mengidentifikasi variabel
manipulasi, variabel respon, dan variabel kontrol, dengan cara menunjuk
siswa untuk menyumbang ide dan meminta siswa lain menjadi pendengar yang baik saat
temannya menyampaikan idenya. (Fase 4 MPK)
Penggalan 2
5. Membimbing siswa merumuskan definisi operasional variabel manipulasi dan variabel
respon dengan cara memberi
contoh terlebih dahulu dengan mengacu pada Kunci LKS SMK tersebut. (Fase 4
MPK)
6. Meminta setiap anggota kelompok menyumbang ide atau berpendapat,dalam
merumuskan definisi operasional tersebut. Setiap siswa didorong untuk peduli
dan ikut bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu.
(Fase 4 MPK)
7. Melakukan evaluasi formatif dengan cara
meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok
lain. Siswa yang aktif menyumbang ide atau berpendapat
diberi pujian sebagai umpan balik
agar perilaku keterampilan sosial ini diikuti siswa lain. (Fase 5 MPK)
Penggalan 3
8. Membimbing kelompok melaksanakan eksperimen menggunakan software PhET sesuai prosedur
yang tertulis di LKS SMK itu dan mengisikan nilai tegangan dan arus itu pada
kolom yang sesuai padaTabel 1. Bila ada siswa yang menunjukkan karakter tidak peduli atau menunjukkan karakter tidak bertanggung jawab segera diingatkan. (Fase 4 MPK)
9. Satu-dua kelompok diminta mengisi Tabel 1
itu di papan tulis untuk memberi
kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan
siswa lain untuk belajar menjadi
pendengar yang baik . (Fase 5 MPK)
Penggalan 4
10. Membimbing siswa membuat grafik hubungan
antara tegangan dan arus pada tempat yang disediakan pada Gambar 2 LKS SMK
tersebut. Siswa didorong untuk melakukan yang terbaik. (Fase 4 MPK)
11. Melakukan evaluasi formatif dengan cara
meminta satu-dua kelompok mempresentasikan grafiknya dan meminta kelas menjadi pendengar yang baik dengan cara menunjuk satu-dua siswa
menanggapi presentasi itu dan dinilai. (Fase 5 MPK)
Penggalan 5
12. Membimbing kelompok melakukan
analisis dengan mengacu pada Kunci LKS SMK itu. Ditekankan perlunya peduli dalam tugas analisis ini. (Fase 4 MPK).
13. Melakukan evaluasi formatif dengan cara
meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan kelompok lain menjadi pendengar yang baik agar dapat menanggapi saat
diminta guru. (Fase 5 MPK)
14. Membimbing
kelompok menarik kesimpulan
dengan mengacu pada LKS SMK. Diingatkan agar tetap peduli dan tanggung jawab sampai tugas menarik
kesimpulan diselesaikan. (Fase 4 MPK)
15. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok
mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. (Fase 5 MPK)
16. Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang
berkinerja baik dan amat baik dalam
kegiatan belajar mengajar tersebut. (Fase 6 MPK)
|
|
|
|
|
C. Penutup
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Dengan melibatkan siswa
menutup pelajaran dan memberi PR mengerjakan LKS SMK LP 2 Proses, yaitu mencari
tahu bagaimana hubungan antara besar hambatan dan besar arus dengan
menggunakan software PhET.
|
|
|
|
|
IX. Penilaian Hasil Belajar
1.
LP 1: Produk dilengkapi Kunci
LP 1
2.
LP 2: Proses
3.
LP 3A: Psikomotor
4.
LP 3B: Psikomotor
5.
LP 4: Format Pengamatan
Perilaku Berkarakter
6.
LP 5: Format Pengamatan
Keterampilan Sosial
7.
Tabel Spesifikasi Lembar
Penilaian
X. Sumber Pembelajaran
1.
LKS SMK: Hubungan antara
Tegangan, Arus, dan Hambatan
2.
Kunci LKS SMK: Hubungan antara Tegangan, Arus, dan
Hambatan
3.
LKS SMK LP 2 Proses: Hubungan
antara Tegangan, Arus, dan Hambatan
4.
Kunci LKS SMK LP 2 Proses: Hubungan
antara Tegangan, Arus, dan Hambatan
5.
Silabus
6.
Komputer
7.
Flash disc
8.
Kit Rangkaian DC
9.
Free Download PhET Software
Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder alamat situs
http//phet.colorado.edu Simulation: Circuit Construction Kit (DC Only)
10. Kertas HVS
Daftar Pustaka
BSNP
(Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model
Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan
Alam. SMP/MTS. Digandakan oleh Kegiatan Penyelenggaraan
Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi Direktorat Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Free Download PhET
Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder
Simulation:
Circuit Construction Kit (DC Only). Didownload pada 5 April 2009 dari http://phet.colorado.edu.
Johnson,
David W. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful
Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn &
Bacon.
Yeap
Tok Kheng. 2008. Science Process Skills Form 3. Rawang, Selangor Darul Ehsan:
Vivar Printing Sdn. Bhd., Pearson, Longman.
LKS SMK: Hubungan antara Tegangan, Arus, dan Hambatan
Rangkuman Materi
Arus listrik yang mengalir melalui sebuah rangkaian akan
meningkat dengan meningkatnya tegangan. Besar arus tersebut dapat dihitung
dengan Hukum Ohm,
Di mana R = hambatan (Ω), V = tegangan (V), I = arus (A)
Tujuan : Menyelidiki pengaruh besar tegangan terhadap
besar arus menggunakan software PhET.
ICT/Internet Based
Free Download PhET
Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder alamat
situs http://phet.colorado.edu Simulation:
Circuit Construction Kit (DC Only)
Di samping software
PhET disediakan juga:
Bahan:
4 baterai 1.5 V atau catu daya 0 – 12 V, 1 lampu 6.0 V
dengan hambatan 5 Ω, 10 kabel dengan
klip buaya atau kit rangkaian DC
Alat:
Catu daya 0 –
12 V, amperemeter 1, voltmeter 1, soket lampu 1, soket baterai
4, sakelar 1, atau kit rangkain
DC
Perencanaan Eksperimen: Kamu diminta untuk merencanakan
dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara besar tegangan
dan besar arus pada rangkaian seperti
ditunjukkan pada Gambar 1 dengan
menggunakan software PhET.
Rumusan Masalah : Pada Gambar 1, apakah pengaruh besar tegangan
terhadap besar arus?
Hipotesis : ___________________________________________________________________
Variabel : (a) yang
dijaga konstan :
______________________________________
(b) yang
dimanipulasi :
______________________________________
(c) yang merespon : ______________________________________
Definisi
Operasional Variabel Manipulasi : ______________________________________
___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________
Gambar 1
|
Definisi
Operasional Variabel Respon : ______________________________________
___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________
Langkah-langkah:
1. Buka PhET Interactive Simulations.
2.
Pilih dan jalankan Circuit Construction Kit (DC
only).
3.
Pada papan rangkaian siapkan seluruh alat dan bahan
yang dibutuhkan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Ubah hambatan lampu menjadi 5 Ω.
4.
Hubungkan seluruh alat dan bahan seperti ditunjukkan
pada Gambar 1.
5.
Catat pembacaan voltmeter dan amperemeter pada Tabel
1 sementara sakelar masih terbuka.
6.
Dengan sebuah baterai 1,5 V berada di rangkaian,
aktifkan atau tutup sakelar. Catat pembacaan voltmeter dan amperemeter pada
Tabel 1.
7.
Lakukan lagi langkah 6 dengan menggunakan dua
baterai 1.5 V, dan kemudian tiga baterai 1.5 V, dan terakhir empat baterai 1.5
V dalam hubungan seri.
8.
Lukis grafik yang menunjukkan hubungan antara
tegangan dan arus pada tempat yang disediakan pada Gambar 2.
Tabel 1. Pengamatan:
Tegangan (V)
|
Arus (A)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 2. Grafik tegangan versus
arus
Analisis : 1. Bagaimanakah
hubungan antara tegangan dan arus?
Semakin ____________
tinggi tegangan, semakin ______________ arus mengalir.
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu diterima?
_____________________________________________________________
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
___________________________________________________________________
Penerapan : Hukum Ohm
memungkinkan kita untuk menghitung _________________, _____________, dan
_________________________
JIka ratio tegangan terhadap arus untuk dua
konduktor logam sama, maka hambatan untuk kedua logam itu adalah __________________________
.
Daftar Pustaka
Yeap Tok Kheng. 2008. Science Process Skills Form 3. Rawang, Selangor Darul Ehsan: Vivar
Printing Sdn. Bhd., Pearson, Longman
Kunci LKS SMK: Hubungan Antara Tegangan, Arus, dan Hambatan
Rangkuman Materi
Arus listrik yang mengalir melalui sebuah rangkaian akan
meningkat dengan meningkatnya tegangan. Besar arus tersebut dapat dihitung
dengan Hukum Ohm,
Di mana R = hambatan (Ω), V = tegangan (V), I = arus (A)
Tujuan : Menyelidiki pengaruh besar tegangan terhadap
besar arus.
ICT/Internet Based
Free Download PhET
Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder alamat
situs http://phet.colorado.edu Simulation:
Circuit Construction Kit (DC Only)
Di samping software
PhET disediakan juga:
Bahan:
4 baterai 1.5 V atau catu daya 0 – 12 V, 1 lampu 6.0 V
dengan hambatan 5 Ω, 10 kabel dengan
klip buaya
Alat:
Catu daya 0 –
12 V, amperemeter 1, voltmeter 1, soket lampu 1, soket baterai
4, sakelar 1
Perencanaan Eksperimen: Kamu diminta untuk
merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara
besar tegangan dan besar arus pada
rangkaian seperti ditunjukkan pada Gambar 1 dengan menggunakan software PhET.
Rumusan Masalah : Pada Gambar 1, apakah pengaruh besar tegangan
terhadap besar arus?
Hipotesis : Semakin
tinggi tegangan, semakin besar arus yang mengalir.
Variabel : (a) yang dijaga konstan : jenis
dan kondisi setiap baterai, lampu pijar dengan hambatan 5 ohm, voltmeter,
amperemeter, kabel penghubung
(b) yang dimanipulasi : besar
tegangan
(c) yang merespon : besar arus
Definisi Variabel Manipulasi:
Tegangan
dimanipulasi dengan cara mengubah-ubah mulai dari 0 volt, 1,5 volt, 3,0 volt,
4,5 volt, dan terakhir 6,0 volt. Besar tegangan itu diukur dengan voltmeter.
Definisi
Variabel Respon:
Arus yang mengalir di rangkaian pada setiap tegangan itu
diukur dengan amperemeter.
Gambar 1
|
Langkah-langkah:
1. Buka PhET Interactive Simulations.
2.
Pilih dan jalankan Circuit Construction Kit (DC
only).
3.
Pada papan rangkaian siapkan seluruh alat dan bahan
yang dibutuhkan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Ubah hambatan lampu
menjadi 5 Ω.
4.
Hubungkan seluruh alat dan bahan seperti ditunjukkan
pada Gambar 1.
5.
Catat pembacaan voltmeter dan amperemeter pada Tabel
1 sementara sakelar masih terbuka.
6.
Dengan sebuah baterai 1,5 V berada di rangkaian,
aktifkan atau tutup sakelar. Catat pembacaan voltmeter dan amperemeter pada
Tabel 1.
7.
Lakukan lagi langkah 6 dengan menggunakan dua
baterai 1.5 V, dan kemudian tiga baterai 1.5 V, dan terakhir empat baterai 1.5
V dalam hubungan seri..
8.
Lukis grafik yang menunjukkan hubungan antara
tegangan dan arus pada tempat yang disediakan pada Gambar 2.
Tabel 1 Hubungan
Antara Besar Tegangan dan Besar Arus
Tegangan (V)
|
Arus (A)
|
0
|
0
|
1,5
|
0,30
|
3,0
|
0,60
|
4,5
|
0,90
|
6,0
|
1,2
|
Gambar 2. Grafik tegangan versus arus
Analisis : 1. Apa hubungan
antara tegangan dan arus?
Semakin tinggi tegangan, semakin besar arus
mengalir.
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu diterima?
diterima
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis
diterima, yaitu jika hambatan dipertahankan konstan, semakin tinggi tegangan,
semakin besar arus yang mengalir.
Penerapan : Hukum Ohm
memungkinkan kita untuk menghitung tegangan, arus, dan hambatan.
JIka ratio tegangan terhadap arus untuk dua
konduktor logam sama, maka hambatan untuk kedua logam itu adalah sama.
Daftar Pustaka
Free Download PhET Software Interactive Simulations dari University of
Colorado at Boulder
Simulation: Circuit Construction Kit (DC
Only). Didownload pada 5 April 2009 dari http://phet.colorado.edu.
Yeap Tok Kheng. 2008. Science Process Skills Form 3. Rawang, Selangor Darul Ehsan: Vivar
Printing Sdn. Bhd., Pearson, Longman
Tabel
Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator
|
LP dan Butir Soal
|
Kunci LP dan Butir Soal
|
Produk:
1. Mendeskribsikan pengaruh perubahan tegangan terhadap arus
2. Menguasai Hukum Ohm
3. Menerapkan Hukum Ohm
|
LP 1 Produk
Butir 1
Butir 2
Butir 3, 4, 5, 6
|
Kunci LP 1 Produk
Butir 1
Butir 2
Butir 3, 4, 5, 6
|
Proses:
1.
Merancang dan melaksanakan
eksperimen untuk menguji sebuah hipotesis
|
LKS SMK LP 2 Proses dan LP 2 Proses: RTK
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
|
Kunci LKS SMK LP 2 Proses dan LP 2 Proses dan
pelaksanaan penilaian dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru yang telah
dilatih.
|
Psikomotor:
1.
Merakit rangkaian DC sederhana menggunakan software
PhET
2.
Mengukur besaran listrik
dalam rangkaian tertutup menggunakan software PhET.
|
LP 3A Psikomotor: RTK 1, 2, 3, dan 4
LP 3B Psikomotor: RTK 1, 2, dan 3
|
Kunci LKS SMK LP 2 Proses Langkah-langkah 1, 2, 3,
dan 4 dan LP 3A Psikomotor.
Pelaksanaan penilaian dipercayakan kepada judgement
Penilai/Guru yang telah dilatih.
Kunci LKS SMK LP 2 Proses Langkah-langkah 5, 6, dan 7 dan LP 3B Psikomotor.
Pelaksanaan penilaian dipercayakan kepada judgement
Penilai/Guru yang telah dilatih.
|
Karakter:
Jujur, peduli, tanggung jawab, melakukan yang terbaik
|
LP 4 Karakter: RTK 1, 2, 3, 4
|
Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan
kepada judgement Penilai/Guru.
|
Keterampilan
Sosial
Bertanya, menyumbang ide atau
berpendapat, menjadi pendengar yang baik.
|
LP 5 Keterampilan Sosial: RTK 1, 2, 3
|
Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan
kepada judgement Penilai/Guru.
|
Nama: NIM: Tanggal:
_____________________________________________________________________________________
LP 1: Produk
1.
Perhatikan dua rangkaian di
bawah ini. Bila spesifikasi dan kondisi lima baterai dan dua lampu itu identik,
di rangkaian manakah akan mengalir arus lebih besar? Jelaskan jawabanmu!
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
2.
Perhatikan dua rangkaian di
bawah ini. Bila soesifikasi dan kondisi dua baterai dan tiga lampu itu sama, di
rangkaian manakah akan mengalir arus lebih besar? Jelaskan jawabanmu!
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
Rangkaian A Rangkaian B
3. Sebuah baterai 30,0 V
dihubungkan kepada suatu resistor 10,0 W. Berapakah besar arus di
dalam rangkaian tersebut?
4. Sebuah lampu mobil dengan
hambatan 30 W dihubungkan pada baterai
12-V. Berapakah besar arus yang melalui lampu tersebut?
5. Sebuah motor dengan
hambatan 32 W dihubungkan pada suatu
sumber tegangan. Arus dalam rangkaian tersebut 3,8 A. Berapakah besar tegangan
sumber tersebut?
6. Sebuah lampu memakai arus
0,50 A pada saat dihubungkan ke sumber 120-V. Berapakah hambatan lampu
tersebut?
Daftar Pustaka
Zitzewitz, Paul W. 1999. Glencoe Physics: Principles &
Problems. New York: Glencoe /McGraw-Hill.
Nama: NIM: Tanggal:
_____________________________________________________________________________________
Kunci LP 1:
Produk
1.
Perhatikan dua rangkaian di
bawah ini. Bila spesifikasi dan kondisi lima baterai dan dua lampu itu identik,
di rangkaian manakah akan mengalir arus lebih besar? Jelaskan jawabanmu!
Di rangkaian B akan mengalir arus lebih besar. Hal itu
dikarenakan dirangkaian A hanya ada dua baterai yang dihubungkan seri,
sedangkan di rangkaian B ada tiga baterai dihubungkan seri, sehingga tegangan
total di rangkaian B lebih besar. Karena tegangan di rangkaian B lebih besar,
maka arusnya juga lebih besar.
2.
Perhatikan dua rangkaian di
bawah ini. Bila spesifikasi dan kondisi dua baterai dan tiga lampu itu sama, di
rangkaian manakah akan mengalir arus lebih besar? Jelaskan jawabanmu!
Di Rangkaian A ada satu lampu dan di Rangkaian B ada
dua lampu yang dihubungkan seri, sehingga hambatan total Rangkaian B lebih
besar daripada hambatan di Rangkaian A. Karena sumber tegangan kedua rangkaian
itu sama-sama terdiri dari satu baterai, maka Rangkaian A yang dibebani dengan
hambatan lebih kecil akan mengalir arus lebih besar.
Rangkaian A Rangkaian B
3. Sebuah baterai 30,0 V
dihubungkan kepada suatu resistor 10,0 W. Berapakah besar arus di
dalam rangkaian tersebut?
Diketahui: Strategi: Perhitungan:
V = 30,0 V
Gunakan I = V/R untuk
I =
=
= 3,00 A
R = 10,0 Ω menentukan
arus
4. Sebuah lampu mobil dengan
hambatan 30 W dihubungkan pada baterai
12-V. Berapakah besar arus yang melalui lampu tersebut?
Diketahui: Strategi: Perhitungan:
R = 30,0 V
Gunakan I = V/R untuk I =
=
= 0,40 A
V =
12 V menentukan arus
5. Sebuah motor dengan
hambatan 32 W dihubungkan pada suatu
sumber tegangan. Arus dalam rangkaian tersebut 3,8 A. Berapakah besar tegangan
sumber tersebut?
Diketahui: Strategi: Perhitungan:
R = 32 Ω
Gunakan V = I x R untuk
V = 3,8 A x 32 Ω = 121,6 V
I = 3,8 A
menentukan tegangan
6. Sebuah lampu memakai arus
0,50 A pada saat dihubungkan ke sumber 120-V. Berapakah hambatan lampu tersebut?
Diketahui: Strategi: Perhitungan:
I = 0,50 A
Gunakan R = V/I untuk
R =
=
= 240 Ω
V = 120 V menentukan
hambatan
Daftar Pustaka
Zitzewitz, Paul W. 1999. Glencoe Physics: Principles &
Problems. New York: Glencoe /McGraw-Hill.
LKS SMK LP 2 Proses: Hubungan Antara Tegangan, Arus, dan
Hambatan
Rangkuman materi
Arus listrik yang mengalir melalui sebuah rangkaian akan
meningkat dengan meningkatnya tegangan. Besar arus tersebut dapat dihitung
dengan Hukum Ohm,
Di mana R = hambatan (Ω), V = tegangan (V), I = arus (A)
Tujuan : Menyelidiki pengaruh besar hambatan terhadap
besar arus.
ICT/Internet Based
Free Download PhET
Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder alamat
situs http://phet.colorado.edu Simulation:
Circuit Construction Kit (DC Only)
Di samping software
PhET disediakan jugaa:
Bahan:
Sebuah baterai 1.5 V atau catu daya 0 – 12 V, resistor 5 ohm,
10 ohm, 15 ohm, 20 ohm, dan 25 ohm, 10 kabel dengan klip buaya atau
kit rangkaian DC
Alat:
Catu daya 0 –
12 V, amperemeter 1, voltmeter 1, soket baterai 1, sakelar 1, atau kit rangkain DC
Perencanaan Eksperimen: Kamu diminta untuk
merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara
besar hambatan dan besar arus pada
rangkaian seperti ditunjukkan pada Gambar
1 di bawah ini dengan menggunakan software PhET.
Rumusan Masalah : Apakah pengaruh besar hambatan terhadap besar arus?
Hipotesis : ___________________________________________________________________
Variabel : (a) yang
dijaga konstan :
______________________________________
(b) yang
dimanipulasi :
______________________________________
(c) yang merespon : ______________________________________
Definisi
Operasional Variabel Manipulasi : ______________________________________
___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________
Definisi
Operasional Variabel Respon : ______________________________________
___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________
Gambar 1
|
Langkah-langkah:
1. Buka PhET Interactive Simulations.
2.
Pilih dan jalankan Circuit Construction Kit (DC
only).
3.
Pada papan rangkaian siapkan seluruh alat dan bahan
yang dibutuhkan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.
4.
Hubungkan seluruh alat dan bahan seperti ditunjukkan
pada Gambar 1.
5.
Catat pembacaan amperemeter pada Tabel 1 sementara
sakelar masih terbuka.
6.
Dengan sebuah baterai 12 V dan hambatan 3 ohm berada
di rangkaian, aktifkan atau tutup sakelar. Catat pembacaan amperemeter pada
Tabel 1.
7.
Lakukan lagi langkah 6 dengan menggunakan hambatan 6
ohm, dan kemudian 9 ohm, 12 ohm, dan terakhir 15 ohm.
8.
Lukis grafik yang menunjukkan hubungan antara besar
hambatan dan arus pada tempat yang disediakan pada Gambar 2.
Tabel 1. Hubungan Besar Hambatan
dan Besar Arus
Hambatan
(Ω)
)
|
Arus (A)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 2. Grafik hambatan versus arus
Analisis : 1. Bagaimanakah hubungan antara hambatan dan arus?
Semakin tinggi
hambatan, semakin ______________ arus
mengalir.
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu diterima?
_____________________________________________________________
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
___________________________________________________________________
Penerapan : Hukum Ohm
memungkinkan kita untuk menghitung _________________, _____________, dan
_________________________
JIka ratio tegangan terhadap arus untuk dua
konduktor logam sama, maka hambatan untuk kedua logam itu adalah __________________________
.
Daftar Pustaka
Yeap Tok Kheng. 2008. Science Process Skills Form 3. Rawang, Selangor Darul Ehsan: Vivar
Printing Sdn. Bhd., Pearson, Longman
Kunci LKS SMK LP 2 Proses: Hubungan Antara Tegangan, Arus,
dan Hambatan
Rangkuman materi
Arus listrik yang mengalir melalui sebuah rangkaian akan
meningkat dengan meningkatnya tegangan. Besar arus tersebut dapat dihitung
dengan Hukum Ohm,
Di mana R = hambatan (Ω), V = tegangan (V), I = arus (A)
Tujuan : Menyelidiki pengaruh besar hambatan terhadap
besar arus.
Bahan:
Sebuah baterai 1.5 V atau catu daya 0 – 12 V, resistor 5 ohm, 10 ohm, 15 ohm, 20 ohm, 25 ohm, 10 kabel dengan klip buaya
Alat:
Catu daya 0 – 12 V, amperemeter 1, voltmeter 1, soket baterai
1, sakelar 1
ICT/Internet Based
Free Download PhET
Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder alamat
situs http://phet.colorado.edu Simulation:
Circuit Construction Kit (DC Only)
Rumusan Masalah : Apakah pengaruh besar hambatan terhadap besar aus?
Hipotesis : Semakin
tinggi hambatan, semakin kecil arus yang
mengalir.
Perencanaan Eksperimen: Kamu diminta untuk merencanakan
dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara besar hambatan
dan besar arus seperti ditunjukkan pada
Gambar 1 di bawah ini dengan menggunakan software PhET.
Variabel : (a) yang dijaga konstan : jenis
dan kondisi baterai, voltmeter, amperemeter, kabel penghubung
(b) yang dimanipulasi : besar
hambatan
(c) yang merespon : besar arus
Definisi Variabel Manipulasi:
Hambatan
dimanipulasi dengan cara mengubah-ubah hambatan mulai dari 5 ohm, 10 ohm, 15 ohm, 20 ohm, dan terakhir 25 ohm. Besar hambatan
itu diubah-ubah dengan cara mengubah harga hambatan dengan program PhET atau
diukur dengan ohmmeter bila menggunakan alat dan bahan sebenarnya..
Definisi
Variabel Respon:
Arus yang mengalir di rangkaian pada setiap nilai hambatan itu
diukur dengan amperemeter.
Gambar 1
Langkah-langkah:
1. Buka PhET Interactive Simulations.
2.
Pilih dan jalankan Circuit Construction Kit (DC
only).
3.
Pada papan rangkaian siapkan seluruh alat dan bahan
yang dibutuhkan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Ubah tegangan baterai
menjadi 12 V.
4.
Hubungkan seluruh alat dan bahan seperti ditunjukkan
pada Gambar 1.
5.
Catat pembacaan amperemeter pada Tabel 1 sementara
sakelar masih terbuka.
6.
Dengan sebuah baterai 12 V dan hambatan 3 Ω berada
di rangkaian, aktifkan atau tutup sakelar. Catat pembacaan amperemeter pada
Tabel 1.
7.
Lakukan lagi langkah 6 dengan menggunakan hambatan 6
ohm, dan kemudian hambatan 9 ohm,
hambatan 12 ohm dan terakhir hambatan 15
ohm.
8.
Lukis grafik yang menunjukkan hubungan antara besar
hambatan dan arus pada tempat yang disediakan pada Gambar 2.
Tabel
1 Hubungan Antara Besar Hambatan dan
Besar Arus
Hambatan (Ω)
|
Arus (A)
|
3
|
4.00
|
6
|
2.00
|
9
|
1.33
|
12
|
1.00
|
15
|
0,80
|
Gambar 2. Grafik hambatan versus arus
Analisis : 1. Apa hubungan
antara hambatan dan arus?
Semakin besar hambatan, semakin kecil arus mengalir.
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu diterima?
diterima
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu jika tegangan dipertahankan konstan,
semakin tinggi hambatan, semakin kecil
arus yang mengalir.
Penerapan : Hukum Ohm
memungkinkan kita untuk menghitung tegangan, arus, dan hambatan.
JIka ratio tegangan terhadap arus untuk dua
konduktor logam sama, maka hambatan untuk kedua logam itu adalah sama.
Daftar Pustaka
Free Download PhET Software Interactive Simulations dari University of
Colorado at Boulder
Simulation: Circuit Construction Kit (DC Only).
Didownload pada 5 April 2009 dari http://phet.colorado.edu.
Yeap Tok Kheng. 2008. Science Process Skills Form 3. Rawang, Selangor Darul Ehsan: Vivar
Printing Sdn. Bhd., Pearson, Longman
LP 2 Proses
Prosedur:
1. Siapkan sebuah komputer dan Software PhET.
2. Siapkan LKS SMK LP 2 Proses, yaitu sama dengan LKS SMK yang telah dimodifikasi tujuan dan rumusan masalahnya.
3. Tugasi siswa menguji sebuah hipotesis: Semakin tinggi hambatan, semakin
arus yang mengalir.
4. Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Kunci LKS SMP LP 2 Proses
dan Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
5. Berikan siswa kesempatan untuk mempelajari format asesmen ini
sebelum asesmen dilakukan.
6. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan
format ini.
Format Asesmen Kinerja Proses
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh Guru
|
|||
1
|
Mengidentifikasi variabel kontrol
|
10
|
|
|
2
|
Mengidentifikasi variabel manipulasi
|
10
|
|
|
3
|
Mengidentifikasi variabel respon
|
10
|
|
|
4
|
Mencatat
pembacaan amperemeter pada Tabel 1 LKS
SMK LP 2 Proses sementara sakelar masih terbuka
|
10
|
|
|
5
|
Dengan baterai 12 volt dan hambatan 3 ohm berada
di rangkaian, mengaktifkan atau tutup sakelar. Mencatat pembacaan amperemeter pada Tabel 1 LKS SMK LP 2 Proses.
|
10
|
|
|
6
|
Melakukan lagi langkah 5 dengan menggunakan
hambatan 6 ohm, dan kemudian berturut-turut 9 ohm, 12 ohm, 15 ohm.
|
15
|
|
|
7
|
Mencatat seluruh pengamatan pada Tabel 1 LKS SMK
LP 2 Proses.
|
10
|
|
|
8
|
Menggambar sebuah grafik yang menunjukkan hubungan
antara besar hambatan dan arus pada tempat yang disediakan pada Gambar 2 di
LKS SMK LP 2 Proses.
|
15
|
|
|
9
|
Menarik kesimpulan berdasarkan data pada Tabel 1.
|
10
|
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
Surabaya, 2011
Siswa Guru
( ) ( )
LP 3A: Psikomotor
Prosedur:
1. Siapkan sebuah komputer dan Software PhET.
2. Tugasi siswa merakit rangkaian sesuai Gambar 1 LKS SMK LP 2 Proses, langkah 1, 2, 3, dan 4.
3. Amati saat siswa merakit rangkaian itu.
4. Berikan skor kinerja siswa dengan mengacu pada Format Asesmen
Kinerja di bawah ini.
5. Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
6. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan
format ini.
Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh Guru
|
|||
1
|
Membuka program Simulasi Interaktif PhET
|
25
|
|
|
2
|
Memilih dan menjalankan Circuit Construction Kit
(DC only)
|
25
|
|
|
3
|
Pada papan rangkaian PhET menyiapkan seluruh alat
dan bahan yang dibutuhkan seperti ditunjukkan pada Gambar 1 LKS SMK LP 2
Proses
|
25
|
|
|
4
|
Menghubungkan seluruh alat dan bahan seperti
ditunjukkan pada Gambar 1 LKS SMK LP 2 Proses sampai rangkaian bekerja
|
25
|
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
Surabaya, 2011
Siswa Guru
( ) (
)
LP 3B: Psikomotor
Prosedur:
1. Siapkan sebuah komputer dan Software PhET.
2. Tugasi siswa merakit rangkaian sesuai Gambar 1 LKS SMK LP 2
Proses, langkah 5, 6, dan 7.
3. Amati saat siswa merakit rangkaian itu.
4. Berikan skor kinerja siswa dengan mengacu pada Kunci LKS SMK Proses
langkah 5, 6, dan 7 dan Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
5. Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
6. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan
format ini.
Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh Guru
|
|||
1
|
Mencatat pembacaan amperemeter pada Tabel 1
sementara sakelar masih terbuka.
|
25
|
|
|
2
|
Dengan sebuah baterai 12 V dan hambatan 3 ohm
berada di rangkaian, mengaktifkan sakelar dan mencatat pembacaan amperemeter
pada Tabel 1.
|
25
|
|
|
3
|
Melakukan lagi langkah 2 di atas dengan
berturut-turut menggunakan hambatan 6
ohm, dan kemudian hambatan 9 ohm, hambatan 12 ohm dan terakhir hambatan 15 ohm.
|
50
|
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
Surabaya, 2011
Siswa Guru
( ) (
)
LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa:
Kelas: Tanggal:
Petunjuk:
Untuk
setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan
C = Menunjukkan B = Memuaskan A = Sangat
perbaikan kemajuan
baik
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
Peduli
|
|
|
|
|
3
|
Tanggungjawab
|
|
|
|
|
4
|
Melakukan yang terbaik
|
|
|
|
|
Surabaya,
2011 Pengamat
( )
Sumber:
Johnson, DavidW. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston:
Allyn & Bacon.
LP 5 : Format Pengamatan
Keterampilan Sosial
Siswa:
Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
Untuk
setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial
siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan
C = Menunjukkan B = Memuaskan A = Sangat
perbaikan kemajuan baik
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Bertanya
|
|
|
|
|
2
|
Menyumbang ide atau pendapat
|
|
|
|
|
3
|
Menjadi pendengar yang baik
|
|
|
|
|
Surabaya,
2011 Pengamat
( )
Sumber:
Johnson, DavidW. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston:
Allyn & Bacon.
RPP SMK: Menguasai Dasar
Rangkaian DC/AC Versi Ringkas
A. Standar Kompetensi :
Penerapan Konsep Dasar Listrik dan
Elektronika
B. Kompetensi Dasar :
Menguasai dasar rangkaian dc/ac
C. Indikator
1.
Kognitif
a.
Produk: (1)
Mendeskribsikan pengaruh perubahan tegangan terhadap arus, (2)
Menguasai Hukum Ohm, (3) Menerapkan
Hukum Ohm
b.
Proses: Merancang dan
melaksanakan eksperimen untuk menguji sebuah hipotesis meliputi (1) merumuskan
masalah, (2) merumuskan hipotesis, (3) mengidentifikasi variabel manipulasi,
(4) mengidentifikasi variabel respon,
(5) mengidentifikasi variabel kontrol, (6) merumuskan definisi operasional
varaibel manipulasi, (7) merumuskan definisi operasional variabel respon, (8) melaksanakan eksperimen, (9) membuat
tabel pengamatan, (10) membuat grafik, (11) melakukan analisis data, dan (12)
merumuskan kesimpulan.
2.
Psikomotor: a. Merakit rangkaian DC sederhana menggunakan
software PhET, b. Mengukur besaran listrik dalam rangkaian tertutup menggunakan
software PhET
3.
Afektif
a.
Mengembangkan perilaku
berkarakter: (1) jujur, (2)
peduli, (3) tanggung jawab, (4)
melakukan yang terbaik
b.
Mengembangkan keterampilan
sosial: (1) bertanya, (2) menyumbang ide
atau berpendapat, (3) menjadi pendengar
yang baik,
D. Proses Belajar Mengajar
1. Pendahuluan
_____
Software PhET
2. Inti
_____ LKS SMK: Hubungan Antara
Tegangan, Arus, dan Hambatan
_____ Kunci LKS SMK: Hubungan
Antara Tegangan, Arus, dan Hambatan
_____ Software PhET
_____ Kit Rangkaian DC
3. Penutup
_____ LKS SMK LP 2 Proses
_____ Kunci LKS SMK LP 2 Proses:
Hubungan antara Tegangan, Arus, dan Hambatan
_____ Software PhET
4. Penilaian Hasil Belajar
_____ LP 1: Produk dilengkapi Kunci
LP 1
_____ LP 2: Proses
_____ LP 3A: Psikomotor
_____ LP 3B: Psikomotor
_____ LP 4: Format Pengamatan
Perilaku Berkarakter
_____ LP 5: Format Pengamatan
Keterampilan Sosial
5. Alat dan Bahan
_____ Komputer, LCD, bahan habis
sesuai kebutuhan