Perubahan Kurikulum 2013 edisi revisi 2018




hallo teman-teman guru. kita harus selalu update ya tentang perangkat pengajaran yang kita gunakan dalam kita mengajar, jangan sampai ketinggalan ya. tapi jangan kuatir kemendikbud ketika memilki program pasti akan memberi pengumuman dan mengadakan seminar-seminar untuk seluruh perangkat. kita bisa engikuti seminar untuk mengupdate pengetahuan kita. selain hal itu kemampuan kita terhadap materi yang kita ajarkan juga kita update. semakin kita mmmenguasai ateri akan semakin terasa menyenangkan saat kita berhadapan dengan murid kita saat proses pemelajaran.

menurut saya pada hakikatnya otak manusia itu seperti net/jaring-jaring. ketika jaring-jaring itu terbuka maka akan mudah untuk masuknya informasi. demikian pula otak kita, akan mudah untk menyerap informasi ketika dalam kondisi terbuka atau tidk di dalam tekanan. disinilah peran penting guru. supaya peserta didik kita benar-benar dengan mudah menyerap pelajaran yang kita sampaikan maka kita design jam pelajaran yang inovatif, kreatif dan seru sehingga tidak membosankan.

ya itulah sedikit coretan saya untuk intro pada halaman ini. apabila ada saran dan kritik bisa komen di kolom komen ya. saya akan merasa sangat senang untuk menerima saran dan kritik.

berikut adalah perubahan- perubahan yang perlu kita ketahui.

perubahan kurikulum 13 revisi 2018
Adapun Perubahan Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018 pada tahun pelajaran 2018/2018, adalah sebagai berikut:

1.      Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional akan tetapi tetap Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional.
2.      Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya Agama dan PPKN namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
3.      Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD, maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
4.      Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
5.      Silabus kurtilas (k13) edisi revisi terbaru lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
6.      Perubahan terminologi Ulangan Harian (UH) menjadi Penilaian Harian (PH), UAS menjadi Penilaian Akhir Semester untuk semester 1 dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi UTS, langsung ke penilaian akhir semester.
7.      Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
8.      Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.

9.      Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.




We will email you when we have a new update: