Pemetaan Kompetensi Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP kelas 7 semester 1



Hi sahabat azizalkayis, kali ini kai akan berbagi tentang pemetaan kompetensi dalam pelajaran bahasa inggris untuk SMP kelas 7. seperti diketahui bersama bahwa seorang pendidik atau guru harus memiliki perangkat didalam pelajaran yang diampu. ada banyak perngkat yang dibutuhkan dalam mencapai target pengajaran di dalam kelas. salah satunya adalah peetaan kompetensi dasar. ayo teanteman guru selalu update perangkat kita, kemampuan kita dan inovasi kita dalam menyampaikan pelajaran di dalam kelas yang kita ampu. suksess selalu ya....

Pemetaan Kompetensi



Mata Pelajaran  :      Bahasa Inggris
Kelas/Semester    :      VII/1
Satuan pendidikan : SMMP/MTs


 
 




Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2

3

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di-anutnya
2. Menghargai dan menghayati perila-ku jujur, disiplin, tanggung jawab, pe-duli (toleransi, go-tong royong), san-tun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif de-ngan lingkungan so-sial dan alam dalam jangkauan pergau-lan dan keberadaan-nya

1.1Mensyukuri ke-sempatan dapat mempelajari ba-hasa Inggris se-bagai bahasa pe-ngantar komuni-kasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1Menunjukkan pe-rilaku santun dan peduli dalam me-laksanakan ko-munikasi inter-personal dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, di-siplin, percaya di-ri, dan ber-tanggung jawab dalam melaksa-nakan komunikasi transaksional de-ngan guru dan te-man.
2.3Menunjukkan pe-rilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, da-lam melaksana-kan komunikasi fungsional.










-    Memahami pentingnya mem-pelajari bahasa Inggris se-bagai bahasa pengantar ko-munikasi internasional
-    Memahami dan menunjukkan sikap santun dan peduli da-lam berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungan se-kitar baik di rumah maupun di sekolah
-    Memahami dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, per-caya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional de-ngan guru dan teman
-    Memahami dan menunjukkan perilaku tanggung jawab, pe-duli, kerjasama, dan cinta da-mai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional






3. Memahami penge-tahuan (faktual, kon-septual, dan pro-sedural) berdasar-kan rasa ingin ta-hunya tentang ilmu pengetahuan, tek-nologi, seni, bu-daya terkait feno-mena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, meng-olah, dan menyaji dalam ranah kon-kret (menggunakan, mengurai, merang-kai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (me-nulis, membaca, menghitung, meng-gambar, dan me-ngarang) sesuai de-ngan yang dipelajari di sekolah dan sum-ber lain yang sama dalam sudut pan-dang/teori
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta res-ponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
 3.11Memahami fung-si sosial dan un-sur kebahasaan dalam lagu.
4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk meng-ucapkan dan merespons sa-paan, pamitan, ucapan terima-kasih, dan per-mintaan maaf, dengan mem-perhatikan fung-si sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14Menangkap mak-na lagu.
-    Memahami berbagai cara un-tuk membuka dan menutup percakapan
-    Memahami ungkapan sapa-an dengan orang lain
-    Memahami ungkapan pa-mitan
-    Memahami ungkapan terima-kasih
-    Memahami ungkapan per-mintaan maaf
-    Membuat dialog meng-gunakan ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, dan permintaan maaf 
-    Memahami dan meng-ungkapkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lagu
-    Memahami makna lagu
-    Take it easy, guys!




24 x 40'

3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta reponsnya, sesuai dengan konteks peng-gunaannya.
3.3Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk me-nyatakan dan menanyakan nama hari, bu-lan, nama waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-    Memahami ungkapan per-kenalan diri
-    Memahami penggunaan sis-tem kalender dan waktu
-    Memahami penggunaan pe-maparan jati diri
-    Membuat dialog meng-gunakan ungkapan per-kenalan diri
-    Membuat dialog meng-gunakan sistem kalender dan waktu
-    Membuat kalimat meng-gunakan kata-kata yang ber-hubungan dengan sistem ka-lender dan waktu
-    Memahami makna pemapar-an jati diri
-    Membuat teks yang memuat informasi/identitas pribadi
-    I would like to introduce myself




24 x 40'


3.4Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasa-an dalam lagu
4.2Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespons perkenalan diri, dengan sangat pendek sederha-na, dengan memperhatikan funsi sosial, struktur teks, dan unsur ke-bahasaan yang benar dan se-suai
4.3Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyata-kan dan me-nanyakan nama hari, bulan, na-ma waktu da-lam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, de-ngan unsur ke-bahasaan yang benar dan se-suai konteks.
4.4Menangkap mak-na pemaparan jati diri lisan dan tulis sangnat pendek dan se-derhana
4.5Menyusun teks lisan dan tulis untuk memapar-kan dan mena-nyakan jati diri, dengan sangat pendek dan se-derhana, de-ngan memper-hatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14Menangkap mak-na lagu.
-    Memahami dan meng-ungkapkan fungsi dan unsur kebahasaan lagu
-    Memahami makna lagu






3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pa-da teks untuk menyatakan dan menanyakan na-ma dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang de-kat dengan ke-hidupan siswa sehari-hari.
3.11Memahami fung-si sosial dan un-sur kebahasaan dalam lagu.
4.6Menyusun teks li-san dan tulis un-tuk menyatakan dan menanya-kan nama bina-tang, benda, dan bangunan publik yang dekat de-ngan kehidupan siswa sehari-ha-ri, dengan mem-perhatikan fung-si sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14Menangkap mak-na lagu.
-    Memahami tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
-    Memahami dan meng-ungkapakan fungsi dan unsur kebahasaan lagu
-    Menulis teks tentang bi-natang, benda dan bangunan
-    Mengungkapakan bagaima-na menanyakan tentang na-ma dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
-    Menulis teks yang me-ngandung simple present tense
-    Memahami makna lagu
-    I live in a beautiful house





24 x 40'



Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………………………
Guru Mata Pelajaran



________________________
NIP.




________________________
NIP.






 



















We will email you when we have a new update: